Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Maria Cetak Gol, MU di Ambang Rekor

Kompas.com - 05/10/2014, 18:53 WIB
MANCHESTER, KOMPAS.com - Manchester United unggul 1-0 atas Everton, hingga akhir babak pertama pertandingan Premier League, di Old Trafford, Minggu (5/10/2014). Jika keadaan tak berubah hingga akhir, MU akan mencetak kemenangan beruntun pertama pada Premier League musim ini.

Gol semata wayang pada babak pertama ini diciptakan oleh Angel Di Maria pada menit ke-27. Memanfaatkan umpan Juan Mata, Di Maria menembakkan bola ke sudut kiri bawah gawang Tim Howard dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Bermain berbekal kemenangan 2-1 atas West Ham United, MU mendominasi permainan sejak awal. Mereka konsisten menyerang dan nyaris tak pernah terancam.

Di Maria, Robin van Persie, Radamel Falcao, dan Juan Mata menjadi motor serangan MU. Mereka membangun kerja sama yang membuat Everton fokus pada pertahanan.

Pertahanan yang dibangun Everton cukup efektif. Sebelum gol Di Maria, MU melepaskan tembakan-tembakan yang terblok atau membuahkan tendangan gawang. Pada menit ketujuh dan ke-12, misalnya, Robin van Persie dan Di Maria melihat tembakan mereka meleset dan terblok lawan.

Setelah gol Di Maria, Everton mencoba memperbaiki koordinasi lini tengah dan mulai menciptakan tekanan. Setelah kecolongan oleh serangan MU yang membuahkan tembakan akurat Di Maria pada menit ke-39, Everton melancarkan balasan yang berujung tembakan dari Romelu Lukaku. Namun, tembakan Lukaku melesat ke atas gawang.

MU menurunkan tempo dan memperbaiki koordinasi. Namun, Everton tampak lebih siap menghadapinya. Setelah tembakan Falcao pada menit ke-42 membuahkan tendangan gawang, Everton melancarkan balasan yang membuahkan penalti pada menit ke-42. Penalti diberikan setelah Luke Shaw dinilai melanggar Tony Hibbert.

Namun, Leighton Baines yang dipercaya mengeksekusi penalti gagal mencetak gol. Tembakannya yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang dimentahkan David De Gea. Tak lama setelahnya, wasit Kevin Friend meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Menurut catatan Premier League, sepanjang babak pertama, MU melepaskan tiga tembakan akurat dari delapan usaha, sementara Everton melepaskan satu tembakan titis dari dua percobaan.

Man United: 1-David De Gea; 2-Rafael, 3-Luke Shaw, 5-Marcos Rojo, 33-Patrick McNair; 7-Angel Di Maria, 8-Juan Mata, 17-Daley Blind, 25-Antonio Valencia; 9-Radamel Falcao, 20-Rabin van Persie

Pelatih: Louis van Gaal

Everton: 24-Tim Howard; 2-Tony Hibbert, 3-Leighton Baines, 6-Phil Jagielka, 26-John Stones; 7-Aiden McGeady, 14-Steven Naismith, 17-Muhamed Besic, 18-Gareth Barry, 22-Steven Pienaar; 10-Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez

Wasit: Kevin Friend

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com