Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2014, 22:28 WIB
KOMPAS.com - Brasil dan Cile akan bertarung di babak perdelapan final Piala Dunia 2014, Sabtu (28/6/2014), di Estadio Mineirao, Belo Horizonte. Dua negara Amerika Selatan ini akan memperebutkan satu tiket menuju perempat final untuk menghadapi pemenang antara Kolombia dan Uruguay.

Sebelum mengikuti dan mengetahui hasil pertandingan yang akan dimainkan pada pukul 23.00 WIB, ada baiknya kita melihat beberapa fakta mengenai kedua tim:

- Brasil memenangi tiga pertemuan terdahulu di ajang Piala Dunia melawan Cile. Semua pertandingan itu terjadi di babak knock-out, masing-masing pada putaran kedua di tahun 2010, putaran kedua pada 1998 dan semifinal pada tahun 1962.

- Brasil mencetak dua gol atau lebih dalam sembilan pertemuan terakhir dengan Cile, dengan total 32 gol.

- Cile sudah kebobolan 11 gol dalam tiga pertemuan dengan Brasil di Piala Dunia.

- Eduardo Vargas mencetak gol dalam dua penampilannya yang terakhir bersama Cile ketika melawan Brasil, termasuk sebuah gol di Belo Horizonte pada April 2013.

- Neymar membuat angka cantik di Piala Dunia 2014 ini karena mencetak gol ke-100 Piala Dunia dalam pertandingan ke-100 Brasil (gol pertamanya ke gawang Kamerun di penyisihan Grup A).

- Neymar kini sudah mencetak empat gol dalam tiga pertandingan Piala Dunia 2014, dan merupakan yang kedelapan dalam enam penampilan terakhir bersama Brasil.

- Empat dari lima gol Cile di Piala Dunia 2014 dicetak setelah paruh pertama.

- Cile selalu kalah di putaran kedua pada dua pertandingan terakhir di Piala Dunia, dan semuanya diderita dari Brasil (0-3 pada 2010 dan 1-4 pada 1998).

- Brasil memenangi lima pertandingan terakhir di putaran kedua Piala Dunia, mencetak 13 gol dan empat kali clean sheet alias tidak kebobolan.

- Terakhir kali Brasil kalah di putaran kedua Piala Dunia terjadi pada 1990, ketika kalah 0-1 dari rival abadinya yang juga sesama tim Amerika Selatan, Argentina.

- Secara keseluruhan, Brasil hanya satu kali kalah dalam 10 pertandingan terakhir di Piala Dunia melawan sesama tim Amerika Selatan. Sisanya, Selecao meraih delapan kemenangan dan satu kali imbang.

- Cile selalu kalah dalam empat pertandingan terakhir di Piala Dunia melawan sesama tim Amerika Selatan, meskipun tiga di antaranya selalu dari Brasil.

- Cile tidak pernah mengalahkan Brasil di tanah Brasil, kalah 20 kali serta enam kali imbang.

- Brasil saat ini tidak terkalahkan dalam 40 pertandingan secara berturut-turut jika bermain di negaranya. Kekalahan terakhir diderita ketika melawan Paraguay (0-1) dalam pertandingan persahabatan pada Agustus 2002.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com