Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Bantah Lakukan Pelanggaran Pajak

Kompas.com - 24/02/2014, 22:02 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

Sumber Barcelona
BARCELONA, KOMPAS.com — Para petinggi Barcelona mengadakan pertemuan pada Senin (24/2/2014) untuk membahas tuduhan pelanggaran pajak dalam kasus transfer Neymar da Silva. Dalam rapat singkat itu, pihak klub membuat tujuh poin keputusan mengenai masalah tersebut. Barcelona membantah telah melakukan pelanggaran pajak.

Berikut hasil keputusan rapat para petinggi Barcelona:

1. Petinggi Barcelona menyangkal ada kejahatan apa pun yang berkaitan dengan pajak sehubungan dengan kewajiban fiskal yang timbul dari transfer pemain (Neymar). Selama proses tersebut, Barcelona telah menerima saran ahli dan para auditor Barcelona yang diberitahu dan memiliki akses ke semua dokumentasi mengenai negosiasi.

2. Seperti yang telah dilakukan sejauh ini, Barcelona akan terus memberikan kerja sama maksimal kepada pengadilan untuk mengklarifikasi fakta dari kasus tersebut.

3. Barcelona akan menghadirkan pembelaan hukum dalam kasus ini dan para anggota dapat yakin bahwa klub selalu bertindak sesuai hukum dan para petinggi klub akan mempertahankan reputasi Barcelona sampai keputusan final dan dalam konteks hukum yang diperlukan.

4. Kami ingin menjelaskan bahwa Barcelona selalu memenuhi kewajiban pajaknya, baik dari segi waktu maupun metode, dan telah melakukan kerja sama erat dengan otoritas pajak Spanyol. Barcelona tidak memiliki utang pajak.

5. Para petinggi klub menegaskan kembali bahwa sehubungan dengan transfer ini, klub telah dengan teliti memenuhi kewajiban fiskal sejalan dengan kesadaran tersebut pada saat kontrak dan perjanjian yang ditandatangani dengan maksud baik.

6. Mengingat adanya interpretasi yang mungkin berbeda dari jumlah tanggung jawab pajak yang timbul dari transfer serta untuk mempertahankan reputasi klub dan nama baik, Barcelona pada pagi ini membuat rincian pajak lengkap dari total 13.550.830,56 euro untuk menutup potensi interpretasi yang dibuat mengenai kontrak yang ditandatangani dalam proses transfer Neymar. Meskipun demikian, kami tetap yakin bahwa pembayaran pajak sejalan dengan kewajiban fiskal.

7. Kontribusi sukarela ini tidak harus dipahami sebagai cara apa pun untuk memengaruhi hak Barcelona yang memiliki kewajiban pajak. Dalam hal ini ditentukan oleh pihak yang berwenang, mengenai klub berhak untuk melanjutkan aksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com