Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gyan Bawa Ghana Imbangi Inggris

Kompas.com - 30/03/2011, 03:47 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Gol striker Ghana, Asamoah Gyan, pada menit ke-90 membuat Inggris harus rela bermain imbang 1-1 lawan Ghana dalam laga persahabatan pada hari Selasa atau Rabu (30/3/2011) dini hari WIB.

Publik Inggris sempat terdiam pada menit ke-7 setelah Dominic Adiyiah lolos dari jebakan off-side. Beruntung, kiper Joe Hart dengan sigap memotong pergerakan dari Adiyiah dan menyelamatkan gawangnya dari ancaman.

Inggris membalas lewat dua aksi Ashley Young. Namun, dua tembakannya belum berhasil menjebol gawang Ghana karena melambung dan diselamatkan oleh kiper Richard Kingson.

Inggris mendominasi babak pertama, setidaknya hingga menit ke-20. Mereka mampu melepaskan tujuh kali percobaan ke gawang (dua percobaan menemui sasaran). Bandingkan dengan Ghana yang hanya mencoba dua kali (satu percobaan menemui target). Inggris juga unggul jauh dalam hal penguasaan bola (80 persen banding 20 persen)

Namun, Inggris baru bisa mencetak gol pada menit ke-41. Umpan dari Young berhasil disambar oleh Stewart Downing yang ternyata memberi umpan kepada Andy Carroll. Penyerang muda Inggris ini berhasil mencetak gol setelah menundukkan Kingson. Kedudukan 1-0 bertahan hingga peluit babak pertama ditiupkan.

Ghana makin menggeliat di babak kedua. Tiga pergantian yang dilakukan pelatih Ghana, Goran Stevanovic, memberikan tenaga baru dalam skuadnya. Namun, kurang tenangnya para pemain Ghana membuat peluang yang tercipta terbuang sia-sia.

Inggris bukan bermain tanpa peluang. Lewat James Milner, Young, dan Carroll, Inggris mengancam pertahanan tim tamu. Namun, tak satu pun ancaman yang berhasil dikonversikan menjadi gol.

Gyan akhirnya membuat pendukung Inggris terdiam saat mencetak gol pada menit ke-90. Sempat mengecoh bek Inggris, Joleon Lescott, pemain yang bermain untuk Sunderland ini melepaskan tendangan kaki kiri yang membuat bola mengarah ke pojok kiri gawang Hart.


Susunan pemain

Inggris: Hart; Johnson (Lescott  46), Jagielka, Cahill, Baines; Milner, Wilshere (Jarvis 69), Barry; Young (Wellbeck 81), Carroll (Defoe 59), Downing

Ghana: Kingson, Mensah, Vorsah (Opare 46), Addy (Mensah 45), Pantsil, Annan (Boateng 47), Muntari (Ayew 60), Asamoah (Inkoom 84), Agyemang-Badu, Adiyiah (Tagoe 69), Gyan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com