Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bonek Dilarang Naik KA ke Yogya

Kompas.com - 28/04/2010, 15:38 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Daerah Operasi VIII Surabaya melarang suporter klub sepak bola Persebaya atau bonek untuk naik kereta api ke arah Yogyakarta. Hal ini untuk mengantisipasi terulangnya aksi anarkis, khususnya perusakan fasilitas perkeretaapian seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Siapa pun penumpang yang mengenakan atribut Persebaya tak kami perbolehkan naik kereta. Jika ada suporter yang memakai pakaian biasa seperti penumpang lainnya, maka kami tak bisa mencegah," kata Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi (PT KA Daop) VIII Surabaya Sri Winarto, Rabu (28/4/2010).

Menurut Winarto hingga pukul 14.30 belum terlihat lonjakan jumlah penumpang kereta ke arah Yogyakarta, baik keberangkatan KA ekonomi Logawa pukul 09.30 maupun KA Gaya Baru pukul 14.30. "Sejauh ini tak ada permintaan tiket kereta secara rombongan. Kami pun tak menambah stamformasi (rangkaian gerbong) kereta," paparnya.

KA Logawa berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya dengan membawa enam rangkaian gerbong. Adapun KA Gaya Baru membawa delapan rangkaian gerbong. Selain tak menambah rangkaian gerbong, PT KA juga tak menambah personel keamanan di atas KA. Jumlah petugas keamanan tetap seperti biasanya, yaitu empat personel.

Rencananya, Kamis (29/4/2010) di Stadion Mandala Krida Yogyakarta akan berlangsung pertandingan antara Persebaya dan Persik Kediri. Oleh karena itu, PT KA mengantisipasi timbulnya aksi perusakan KA, khususnya di daerah Solo dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com