Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

STY: Timnas Indonesia Punya Kans Besar, Yakin Lolos Putaran Ketiga

Kompas.com - 10/06/2024, 13:19 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Juru taktik timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki keyakinan besar untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Nasib timnas Indonesia akan dipastikan dalam laga keenam Grup F melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Selasa (11/6/2024).

Indonesia membutuhkan kemenangan untuk memastikan satu tempat di putaran ketiga, setelah takluk 0-2 dari Irak.

Bermain di kandang, STY menilai Indonesia memiliki kans lolos yang besar.

"Di grup kita saat ini, memang yang kemungkinan lolos hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak sudah lolos, dan Indonesia punya lebih besar peluang lolos ke ronde ketiga dibanding Vietnam, apalagi kita main home," kata Shin Tae-yong kepada awak media termasuk Kompas.com, dalam jumpa pers jelang laga Indonesia vs Filipina.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Filipina, Garuda Benahi Koordinasi Pertahanan

"Sebenarnya di laga melawan Irak pun komposisi permainan kita tidak kalah jauh dibanding Irak. Saya tidak khawatir jelang pertandingan besok karena kita pasti bisa mendapat tiket ronde tiga," sambung STY menambahkan.

"Kondisi para pemain di lapangan, mereka bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Pastinya kita akan bisa lolos ke ronde ketiga. Jadi mohon kepercayaan dari masyarakat Indonesia untuk timnas kita," jelasnya.

Indonesia berada dalam keadaan yang belum aman. Merah Putih yang sedang berada di posisi kedua dengan 7 poin, hanya unggul satu angka dari Vietnam.

Kemenangan akan menjadi harga mati bagi skuad Garuda. 

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia Vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Filipina yang sudah dipastikan tidak akan lolos ke putaran selanjutnya, diperkirakan tetap  memberikan perlawanan bagi Indonesia.

Indonesia perlu mewaspadai tim besutan Tom Saintfiet yang bisa saja menjadi batu sandungan.

Filipina juga mendapatkan beberapa amunisi baru dalam skuad yang akan dilawan Indonesia.

"Seperti yang kita tahu, tidak ada tempat lagi untuk kita mundur, tidak boleh juga kita mundur dari sini. Filipina meski gagal lolos pasti akan berjuang keras melawan Indonesia," ujar STY.

"Demikian pula kami akan bekerja semaksimal mungkin agar bisa memberikan kemenangan kepada para fans sepak bola Indonesia," terangnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com