Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Format Kompetisi Musim Depan Sama, Klub Diminta Belajar dari Borneo FC

Kompas.com - 06/06/2024, 07:10 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi, memberi sinyal tetap mempetahankan format Regular Series dan Championship Series untuk kompetisi musim depan.

Hal itu seperti pada gelaran Liga 1 2023-2024 yang baru pertama kalinya menerapkan format empat besar dalam babak Championship Series.

Kompetisi sebelumnya memiliki dua tim juara berbeda, yakni Borneo FC sebagai juara Regular Series dan Persib Bandung yang menjuarai Championship Series.

Akan tetapi, legitimasi juaranya adalah Persib Bandung yang memenangi pertarungan hingga akhir kompetisi.

Baca juga: Beckham Putra, Pemegang Gelar Terlengkap di Persib Bandung

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan, format ini tetap dipertahankan untuk musim depan, meski sempat menuai pro dan kontra dari pencinta sepak bola Indonesia.

Ia menilai hanya permasalahan waktu karena mayoritas penggemar sepak bola Indonesia belum terbiasa dengan format Regular Series dan Championship Series.

"Ya ini mungkin karena enggak terbiasa saja. Jadi, agak kikuk barangkali, kemarin kan itu memang ada banyak kendala di dalam proses perjalanan pada waktu Borneo (FC) juara reguler, baik itu pemain dan sebagainya," tutur Ferry Paulus.

"Hal itu membuat strategi yang istilahnya enggak terstruktur dengan baik. Saya pikir musim depan kalau kan memang sudah kami tetapkan Championship Series-nya. Pasti akan ada Championship Series," ucapnya.

Kapten Persib Bandung Marc Klok loncat sambil membawa trofi juara Championship Series Liga 1 2023-2024 usai mengalahkan Madura United di final leg kedua yang berakhir dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024) malam. Persib berhasil meraih juara dengan agregat 6-1.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Kapten Persib Bandung Marc Klok loncat sambil membawa trofi juara Championship Series Liga 1 2023-2024 usai mengalahkan Madura United di final leg kedua yang berakhir dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024) malam. Persib berhasil meraih juara dengan agregat 6-1.

Ia berharap kontestan Liga 1 musim depan dapat berkaca dari pengalaman Borneo FC di musim ini.

Hal itu terutama dalam menata performa tim agar tidak "kehabisan bensin" menjelang akhir musim dan kehilangan kesempatan menjadi juara.

"Jadi, klub bisa menata, apalagi ada benchmark pengalaman dari Borneo FC yang begitu superpower pada waktu reguler, kemudian masuk ke Championship Series agak terseok-seok," katanya.

Kompetisi Liga 1 musim depan telah ditetapkan oleh PT LIB bakal bergulir pada 2 Agustus 2024 mendatang dan berakhir pada bulan Mei 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com