Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chelsea Resmi Umumkan Enzo Maresca sebagai Pelatih

Kompas.com - 03/06/2024, 23:31 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chelsea resmi mengumumkan Enzo Maresca sebagai pelatih kepala yang baru menggantikan Mauricio Pochettino.

Kepastian ini disampaikan dalam laman resmi klub beralias The Blues pada Senin (3/6/2024).

Enzo akan memulai peran barunya sebagai pelatih kepada Chelsea pada 1 Juli 2024. Ia diikat dengan kontrak selama lima tahun, serta opsi perpanjangan satu musim.

"Kami sangat senang menyambut Enzo ke Chelsea. Dia telah membuktikan dirinya sebagai pelatih yang luar biasa yang mampu memberikan hasil yang mengesankan dengan gaya yang menarik dan mudah dikenali," kata duet Direktur Olahraga Chelsea,  Laurence Stewart dan Paul Winstanley, dikutip dari laman resmi klub.

"Enzo telah membuat kami sangat terkesan dalam diskusi menjelang penunjukannya. Ambisi dan etos kerjanya selaras dengan ambisi klub. Kami sangat menantikan untuk bekerja sama dengannya.".

Baca juga: Perwakilan Man United Bertemu Kieran McKenna, Duel dengan Chelsea

Enzo Maresca menggantikan tempat Mauricio Pochettino yang pergi setelah menakhodai Chelsea hanya dalam kurun satu musim.

Pochettino membawa Chelsea finis di posisi keenam klasemen Liga Inggris 2023-2024 dengan mengoleksi 63 poin.

"Bergabung dengan Chelsea, salah satu klub terbesar di dunia, adalah mimpi bagi pelatih manapun. Itulah mengapa saya sangat bersemangat dengan kesempatan ini," kata Enzo Maresca yang semasa bermain pernah membela Juventus.

"Saya siap bekerja dengan pemain dan staf yang sangat berbakat untuk mengembangkan tim yang mampu melanjutkan tradisi kesuksesan klub dan membuat para penggemar kami bangga," ujar sang juru taktik asal Italia itu.

Baca juga: Syarat-syarat Calon Pengganti Mauricio Pochettino di Chelsea

Sebelum menunjuk Enzo Maresca, Chelsea sempat diberitakan mengincar pelatih Ipswich Town, Kieran McKenna.

Keputusan untuk mendatangkan McKenna urung dilaksanakan. Chelsea tampak belum terlalu yakin dengan jam terbang serta rekam jejak yang dimiliki pelatih berusia 38 tahun tersebut.

Secara jam terbang, Maresca terbilang cukup punya pengalaman di dunia kepelatihan kendati baru kali ini mendapat tanggung jawab menukangi tim besar.

Maresca pernah tergabung dalam staf kepelatihan Ascoli, Sevilla, dan West Ham United.

Ia juga menjadi bagian dari Elite Development Squad Manchester City dan membimbing mereka meraih gelar juara Liga 2 Premier League 2021.

Pria 44 tahun itu juga pernah bertugas sebagai asisten pelatih Pep Guardiola di Man City.

Salah satu prestasi penting yang dicapai Maresca dalam karier kepelatihannya adalah keberhasilan membawa Leicester City promosi dari Divisi Championship ke Liga Inggris 2024-2025 pada musim perdananya melatih. 

Enzo tidak sendirian datang ke kubu London Biru. Ia bergabung dengan memabawa stafnya, yakni Willy Caballero, Danny Walker, Michele De Bernardin, Marcos Alvarez, Javi Molina, dan Roberto Vitiello.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com