Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marco van Basten Desak Man United untuk Pertahankan Ten Hag

Kompas.com - 28/05/2024, 21:30 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Erik ten Hag mendapat dukungan dari legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten. Ten Hag disebut mesti dipertahankan oleh Manchester United.

Masa depan Ten Hag di Old Trafford masih jauh dari kata pasti menyusul penampilan buruk di Liga Inggris.

Ten Hag hanya mampu membawa MU fini di posisi kedelapan Premier League 2023-2024, catatan terburuk mereka  dalam 34 tahun terakhir.

Namun, Ten Hag seakan memberi obat penawar dengan meraih kemenangan 2-1 atas Manchester City pada final Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (25/5/2024).

Sekalipun sukses menjuarai Piala FA 2023-2024, posisi Ten Hag tetap disebut dalam ancaman.

Manajemen Man United masih melakukan tinjauan akhir musim yang akan menentukan nasib sang pelatih asal Belanda.

Van Basten mengakui bahwa Ten Hag melakukan beberapa kesalahan. Tetapi, ia pun meyakini bahwa Ten Hag hanya memerlukan tambahan waktu untuk memperbaiki catatannya bersama Man United.

Baca juga: STY Minta Timnas Indonesia Dikawal Ketat, Singgung Kenyamanan Pemain

“Meski hanya mendapat sedikit peluang dengan para pemainnya, dia masih mampu memenangkan Piala FA, dan itu sangat penting,” kata Van Basten dikutip dari Metro.

“Hasilnya, mereka bermain di kompetisi antarklub Eropa," ucap Van Basten menyinggung keberhasilan MU lolos ke Liga Europa 2024-2025 via jalur juara Piala FA musim ini.

"Saya pikir dia masih merupakan orang yang tepat untuk menyelesaikan sesuatu dengan Manchester United. Saya pikir mereka harus memberinya waktu," kata Van Basten, legenda AC Milan dan timnas Belanda.

Musim ini, pilihan Ten Hag terbatas dikarenakan oleh serangkaian cedera di lini pertahanan. Situasi tersebut memaksa Ten Hag menggunakan kombinasi bek tengah yang berbeda pada sepanjang musim 2023-2024.

“Saya pikir dia mampu membawa Manchester ke level yang lebih tinggi. Dan itu membutuhkan waktu, apalagi dengan musim seperti ini, di mana mereka harus sering bermain dengan komposisi yang berbeda,” ucap van Basten.

Lebih lanjut, Van Basten menilai Ten Hag sebagai pelatih yang mampu mengembangkan potensi terbaik skuad asuhannya.

Sehingga, Man United pun dirasa Van Basten harus terus mempertimbangkan keberadaan Ten Hag di Old Trafford. Dalam dua musim menukangi MU, Ten Hag sukses mempersembahkan trofi Piala Liga Inggris 2022-2023 dan Piala FA 2023-2024.

Baca juga: Hasil Singapore Open 2024: Fikri/Bagas ke 16 Besar, Sengit Lawan The Daddies

“Saya tahu sedari di Ajax bahwa dia adalah pelatih yang baik. Dia melakukan pekerjaan dengan baik di FC Utrecht dan di Go Ahead Eagles. Dia adalah seseorang yang bisa membangun, yang bisa membuat tim menjadi lebih kuat,” ujar Van Basten.

Sebagai informasi, manajemen skuad berjulukan Setan Merah diberitakan telah melakukan perbincangan dengan beberapa kandidat yang berportensi menggantikan Ten Hag, seperti Mauricio Pochettino (eks Chelsea) dan Thomas Frank (Brentford).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com