Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Southampton Kembali ke Premier League, Pembuktian Pelatih "Tidak Seksi"

Kompas.com - 27/05/2024, 04:18 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Southampton memastikan tempat di Premier League musim depan setelah menang 1-0 atas Leeds United di final Playoff Divisi Championship pada Minggu (26/5/2024).

Southampton langsung kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris setelah terdegradasi untuk kali pertama dalam 11 tahun musim lalu.

Terakhir kali turun kasta, Saints butuh tujuh musim untuk kembali ke Premier League tetapi pasukan Russell Martin kini memastikan tempat mereka kembali ke kasta teratas walau finish lebih rendah dari Leeds di klasemen akhir.

Gol tunggal laga datang dari penyelesaian ciamik Adam Armstrong memanfaatkan umpan terobosan Will Smallbone pada menit ke-24.

Saints juga bertahan menghadapi 12 menit injury time untuk memastikan tempat di Premier League.

Baca juga: Southampton Promosi ke Premier League, Libas Leeds di Final Play-off

Kekalahan bagi Leeds membuat Crysensio Summerville dkk harus menjalani musim depan di Championship lagi.

Kubu Elland Roand juga kalah dalam tiga final terakhir mereka di Wembley tanpa mencetak gol dan gagal menorehkan kemenangan dalam enam pertandingan play-off terakhir.

Promosi Saints berarti bahwa ketiga final play-off tahun ini dimenangkan oleh tim yang berada di posisi lebih rendah di klasemen liga, dengan tim yang berada di posisi teratas gagal mencetak gol di ketiganya.

Pada musim pertamanya di St Mary's, Russell Martin merevitalisasi tim yang dibongkar habis setelah finis di posisi terbawah Liga Primer 12 bulan lalu. Salah satunya, Saints kehilangan kapten James Ward Prowse dan gelandang Romeo Lavia.

Memenangkan promosi membungkam para peragu yang mempertanyakan apakah seorang manajer yang membawa Swansea ke posisi papan tengah Championship pada 2023 adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

Hanya tiga tahun yang lalu, mantan pemain bertahan Skotlandia dan Norwich, Martin, menangani Milton Keynes Dons di kasta ketiga Liga Inggris.

Baca juga: Mbappe Tak Tergantikan di PSG, Enrique Butuh 6 Rekrutan Baru

Namun, kini ia dapat mengadu kemampuannya bersama pelatih-pelatih papan atas dalam diri Pep Guardiola, Mikel Arteta, dll.

Pelatih berusia 38 tahun ini memberikan penghormatan kepada pemilik dan mantan direktur sepak bola Southampton, Jason Wilcox, yang membawanya ke klub tersebut.

Wilcox sendiri telah hengkang untuk bergabung dengan Manchester United bulan lalu.

"Saya berterima kasih kepada pemilik klub yang telah memberikan saya kesempatan sejak awal, kepada Jason. Saya sangat bangga dengan apa yang telah kami capai," kata Martin.

"Saya merasa ini bukanlah penunjukan seksi untuk Southampton Football Club, saya datang, tetapi mereka cukup berani untuk memberikan saya kesempatan dan semoga kami telah membayarnya dengan hari yang akan mereka kenang selamanya."

"Ini adalah salah satu hari terbaik dalam karier saya. Saya tidak bisa mengucapkan apa pun selain rasa terima kasih dan banyak cinta untuk orang-orang yang telah bekerja dengan saya sepanjang tahun."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com