Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangis Virgil van Dijk di Pelukan Juergen Klopp

Kompas.com - 20/05/2024, 19:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bek Liverpool, Virgil van Dijk, menangis saat memeluk Juergen Klopp setelah laga melawan Wolves pada pekan terakhir Liga Inggris 2023-2024. 

Laga Liverpool vs Wolves di Stadion Anfield, Minggu (19/5/2024), yang berakhir 2-0 menjadi perpisahan Juergen Klopp dengan skuad The Reds. 

Klopp sebenarnya masih punya kontrak di Liverpool sampai 2026. Namun, ia memutuskan untuk mundur sebagai pelatih The Reds pada akhir musim 2023-2024. 

Juru taktik berusia 56 tahun itu sangat berjasa dalam karier Virgil van Dijk di Liverpool. Ia mendatangkan Van Dijk dari Southampton pada 2018. 

Baca juga: Klopp Berpisah dengan Liverpool, Pimpin Nyanyian untuk Arne Slot

Kerja sama Klopp dan Van Dijk membantu Liverpool meraih enam trofi, termasuk Premier League, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub. 

Kebersamaan dengan sang pelatih membuat Van Dijk sangat emosional seusai pertandingan melawan Wolves. Ia menangis saat berpelukan dengan Klopp di lapangan. 

"Sulit, tetapi hidup terus berjalan," ucap Van Dijk kepada Sky Sports saat ditanya soal pelukannya dengan Klopp, dikutip dari Metro. 

"Saya tidak bisa berkata-kata. Ini adalah hari yang sangat emosional," kata Van Dijk melanjutkan. 

Baca juga: Arne Slot Pastikan Jadi Pengganti Juergen Klopp di Liverpool

"Liverpool adalah Liverpool, itu spesial. Itu selalu menjadi sore yang sulit bagi semua orang, kami ingin memenangi pertandingan," ujar Van Dijk. 

"Bahwa kami melakukan pekerjaan kami dan sekarang kami bisa sangat emosional setelah pertandingan dan kami akan melakukannya," ungkapnya. 

"Ini sangat sulit, tetapi kami berhasil melakukannya dan saya bangga," imbuh Van Dijk. 

Van Dijk juga mengatakan Klopp layak mendapat penghormatan dari para pemain, penggemar, dan klub. 

Baca juga: Akhir Kisah Klopp di Liverpool, The Normal One Sang Penggebah Keraguan

"Anda tidak dapat mempersiapkan diri untuk situasi-situasi dan momen seperti ini, tetapi secara keseluruhan ini merupakan hari yang bagus dan ia layak mendapat setiap cinta yang ia dapatkan," ungkap Van Dijk. 

Tidak hanya Van Dijk, Trent Alexander-Arnold juga menangis saat berbaris bersama dengan para pemain Liverpool lainnya. 

Bahkan, pelatih Manchester City, Pep Guardiola, juga berlinang air mata saat membicarakan Klopp seusai The Citizens memastikan gelar Liga Inggris 2023-2024. 

Klopp sempat memuji Pep Guardiola sebagai pelatih terbaik. Ia juga mengatakan, Man City tak akan menjadi juara Liga Inggris empat kali beruntun jika tanpa Guardiola. 

"Juergen memainkan peran yang sangat penting dalam hidup saya. Dia membawa saya ke level yang berbeda sebagai manajer. Saya pikir kami sangat menghormati satu sama lain," ujar Guardiola dalam konferensi pers usai laga Man City vs West Ham.

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih untuk kata-kata baiknya, tetapi di belakang saya, ada banyak hal yang disediakan dan diberikan klub ini kepada saya. Jika tidak, saya tidak akan bisa melakukannya sendirian," tutur Guardiola. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com