Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Aston Villa Lolos Liga Champions, Pembalikan Nasib Unai Emery

Kompas.com - 15/05/2024, 08:00 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Aston Villa lolos ke Liga Champions untuk kali pertama kali setelah rival perebutan empat besar, Tottenham Hotspur, kalah dari Manchester City dalam laga Liga Inggris 2023-2024.

Sebelumnya, Tottenham adalah satu-satunya tim yang bisa menyalip Aston Villa dari posisi keempat klasemen Liga Inggris.

Namun, kini perolehan poin Aston Villa di posisi keempat tak bisa terkejar, dengan satu pertandingan tersisa, usai Tottenham kalah dari Man City dengan skor 0-2 di Tottenham Stadium, Rabu (15/5/2024) dini hari WIB.

Dikutip dari BBC Sport, Aston Villa belum pernah mencapai kompetisi klub utama UEFA sejak berganti nama dari European Cup menjadi Liga Champions pada 1991-1992.

Baca juga: Hasil Aston Villa Vs Liverpool: Drama 6 Gol dan 1 Bunuh Diri, Laga Tuntas Seri

Mereka terakhir kali bermain di European Cup pada 41 tahun lalu, pada 1982-1983, setelah menjuarai kompetisi tersebut pada musim sebelumnya.

Aston Villa pernah finis kedua dan keempat di Premier League, yakni pada musim 1992-1993 dan 1995-1996.

Akan tetapi, pada kedua musim tersebut, hanya posisi pertama yang bisa mencapai Liga Champions. 

Perayaan di malam penghargaan klub

Para pemain dan staf Aston Villa mengadakan malam penghargaan tahunan mereka di Villa Park pada Selasa malam dan merayakan hasil di Stadion Tottenham Hotspur.

Klub mem-posting foto di media sosial, di luar Emery dan para pemain bersorak dan menyemprotkan sampanye.

Baca juga: Arsenal Vs Aston Villa, Unai Emery Bangga, Arteta Terpukul

"Ini hari yang sangat istimewa," kata Emery.

"Ini impian kami. Kami mengawali musim dengan berada di sini. Kami sempat mengalami banyak pemain cedera, tetapi tim selalu fokus. Fantastis. Bermain di Liga Champions adalah yang terbaik," ujarnya.

"Tidak ada yang mengharapkan kami berada di sana, tetapi kami percaya pada diri sendiri dan yakin pada impian kami," tulis bek Lucas Digne di Instagram.

Emery membalikkan nasib Villa

Aston Villa menunjuk manajer Emery pada Oktober 2022 dengan Villains berada di urutan ke-14 Liga Premier, tiga poin dari zona degradasi.

Klub yang bermarkas di Birmingham ini menyelesaikan dua musim sebelumnya di peringkat ke-14 dan ke-17 dan baru bermain di Championship tiga tahun sebelumnya pada 2019.

Baca juga: Unai Emery Resmi Gantikan Steven Gerrard di Aston Villa

Namun, Emery telah membalikkan nasib Villa. Hanya Manchester City, Liverpool, dan Arsenal yang mengumpulkan poin Liga Premier lebih banyak daripada Villa sejak pelatih Spanyol itu mengambil alih.

Emery akan melatih klub keenamnya di Liga Champions setelah Valencia, Spartak Moscow, Sevilla, Paris St-Germain, dan Villarreal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com