Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klopp Disebut Remehkan Atalanta, Liverpool Kena Batunya

Kompas.com - 12/04/2024, 20:30 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Media Italia, Corriere Bergamo, menyebut pelatih Liverpool, Juergen Klopp, telah meremehkan Atalanta. Klopp pun kena batunya dan kalah 0-3.

Kejutan besar terjadi pada partai leg pertama perempat final Liga Europa 2023-2024 antara Liverpool vs Atalanta di Stadion Anfield, Jumat (12/4/2024) dini hari WIB. 

Anfield yang selama ini dikenal angker dan kerap menyajikan teror bagi musuh-musuh Liverpool, seperti berubah jadi taman bermain buat Atalanta.

Atalanta menang telak 3-0 atas Liverpool di Anfield berkat sepasang gol Gianluca Scamacca (38', 60') dan sebuah kontribusi dari Mario Pasalic (83').

Ini bukan kali pertama Atalanta menang di Anfield. Mereka pernah melakukannya pada November 2020.

Baca juga: Liverpool Tak Berdaya di Depan Atalanta, Klopp Bikin Pengakuan

Kala itu, tim asal Bergamo beralias La Dea (Sang Dewi) tersebut menang 2-0 di rumah Liverpool pada matchday keempat fase grup Liga Champions 2020-2021.

"Sebuah kemenangan, di stadion bersejarah dan melawan tim yang tangguh, tentu akan terus ada dalam sejarah Atalanta," kata pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, dilansir dari Eco di Bergamo.

Artinya, Atalanta kini menyejajarkan diri dengan Barcelona dan Real Madrid, sebagai tim yang pernah menuai prestasi langka, yakni raihan dua kemenangan di Anfield dalam ajang antarklub Eropa.

Kemenangan sensasional Atalanta Anfield tersebut dinilai juga bisa terjadi karena kesalahan pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

"Kesalahan Klopp, dia meremehkan Atalanta. Sebagian dari tanggung jawab terhadap kekalahan telak 0-3 juga ada pada sang pelatih Liverpool asal Jerman," tulis media lokal Bergamo, Corriere Bergamo.

Ketika menjamu Atalanta pada leg pertama perampat final Liga Europa 2023-2024, Liverpool memang tak menampilkan sejumlah nama yang selama ini jadi andalan mereka sebagai starter.

Mohamed Salah, Luis Diaz, dan Trent Alexander-Arnold berada di bangku cadangan. Diogo Jota yang pernah mengemas tiga gol di Bergamo, juga tak ada dalam susunan sebelas awal The Reds.

"Klopp melalui pemilihan formasi skuadnya menunjukkan bahwa dia meremehkan Atalanta. Sebab, jika sudah kehilangan Alisson, (Joel) Matip, dan Thiago Alcantara, Anda tidak bisa juga mencadangkan Alexander-Arnold, (Dominik) Szboszlai, (Stefan) Bajcetic, Diogo Jota, Salah, dan Luis Diaz," tulis Corriere Bergamo.

Baca juga: Liverpool Vs Atalanta, La Dea Nodai Rekor Tak Terkalahkan The Reds

Pilihan yang berujung mahal bagi Klopp. Sebab, seiring kekalahan 0-3 ini, Liverpool dituntut untuk menang dengan margin empat gol kala ganti melawat ke Bergamo pada leg kedua nanti.

Di sisi lain, Klopp memang diharuskan untuk cerdas dalam melakukan manajemen menit tampil pemainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com