Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liverpool Cari Pengganti Klopp, Pintu Ruben Amorim Terbuka

Kompas.com - 06/04/2024, 12:00 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ruben Amorim tidak dapat menjamin masa depannya di bangku kepelatihan Sporting CP. Ia santer dikaitkan dengan kepindahan ke Liverpool.

Saat ini, Liverpool sedang gencar mencari manajer baru usai pada Januari silam, Juergen Klopp membuat pernyataan mengejutkan.

Klopp menyatakan akan meninggalkan jabatan pelatih Liverpool per akhir musim 2023-2024 ini, meski sejatinya ia masih terikat kontrak sampai 2026.

Nama pelatih Sporting CP, Ruben Amorim, dianggap sebagai salah satu kandidat teratas untuk menggantikan Juergen Klopp.

Peracik taktik asal Portugal itu kian jadi favorit setelah Xabi Alonso, yang juga sempat dikaitkan dengan Liverpool, menyatakan bertahan dengan Bayer Leverkusen sampai 2025.

Amorim telah menukangi Sporting CP sejak Maret 2020 dan kontraknya akan berakhir pada Juni 2026.

Baca juga: Xabi Alonso Bertahan di Leverkusen, Torres Jadi “Bayangan” Klopp di Liverpool

Tak ada garansi pelatih 39 tahun itu akan menuntaskan masa kontraknya bersama Sporting CP. Kabar ini memunculkan harapan bagi Liverpool yang tengah berburu suksesor Klopp.

“Tidak, saya tidak bisa menjaminnya,” kata Amorim membahas masa depannya bersama Sporting, dalam konferensi pers Jumat (5/4/2024), dikutip dari ESPN.

Amorim menegaskan bahwa prioritasnya saat ini adalah menjaga Sporting CP untuk terus dalam jalur perburuan gelar.

“Sporting sedang mengurus masa depan mereka dan saya tidak bisa mengambil keputusan,” tuturnya.

“Karena saya sudah memberikan kata-kata saya jadi saya tidak bisa menariknya kembali, yaitu jika kami tidak memenangkan gelar, saya akan meninggalkan klub,” kata Amorim menjelaskan.

Baca juga: Ruben Amorim Tepis Rumor Melatih Liverpool

Saat ini, Sporting asuhan Amorim tengah memimpin klasemen Liga Portugal 2023-2024 dengan keunggulan satu angka dari Benfica yang menempel di posisi dua.

Klub yang pernah membina bakat Cristiano Ronaldo ini juga sudah memastikan langkah ke final Taca de Portugal alias Piala Portugal.

“Kami harus memenangkan gelar, kami berada di jalur yang benar dan kami harus memenangkan pertandingan ini untuk melakukannya,” ujar Amorim.

Amorim menyatakan bahwa dirinya bahagia di Sporting. Kendati demikian, ia menolak untuk berspekulasi lebih lanjut tentang masa depannya.

“Saya sangat senang di sini dan saya hanya ingin mengklarifikasi hal itu, saya tidak ingin berbicara terlalu banyak tentang masa depan saya,” ucap Amorim.

Amorim dikabarkan memiliki dua klausul pelepasan yang berbeda dalam kontraknya, satu untuk klub Portugal dan satu lagi untuk tim luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com