Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Kedalaman Skuad Persib Dapat Ujian Jelang Reguler Series Berakhir...

Kompas.com - 31/03/2024, 04:00 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak mengambil sisi positif dari hasil imbang 0-0 melawan Bhayangkara FC pada pekan ke-30 Liga 1 2023-2024

Sejumlah pemain inti absen jelang pertandingan, menguji kedalaman skuad jelang berakhirnya Reguler Series. 

Situasi semakin sulit karena ada dua pemain penting Ciro Alves dan Beckham Putra yang mengalami cedera di tengah laga.

Hal positifnya, situasi itu memberikan jalan untuk pemain muda unjuk gigi. Hodak menjadi tahu bagaimana kapasitas pemain pelapis. 

Baca juga: Persib Ditahan Bhayangkara, Cemas Ciro Alves dan Beckham Putra Cedera

Adzikry Fadlillah tampil apik sebagai starter mengganti peran Marc Klok di pos gelandang bertahan. 

Arsan Makarin dan Ferdiansyah juga ikut tampil di babak kedua memberikan agresivitasnya di lini depan walau gagal mencetak gol. 

"Itu laga yang sulit, tetapi kami bermain lebih baik. Kami mendominasi, semuanya bagus, secara fisik kami bagus, taktik dan teknik juga bagus. Masalahnya kami tidak mampu mencetak gol," kata Bojan Hodak. 

"Hal bagus untuk pemain muda karena sebagian besar dari mereka tampil bagus. Saya rasa ini memberi mereka kepercayaan diri dan itu tentunya bagus bagi saya karena memiliki alternatif untuk laga berikutnya,” tutur pelatih 52 tahun ini. 

Baca juga: Pekerjaan Rumah Persib di Lini Depan, Tanpa DDS dan Ciro Alves

Catatan evaluasi bagi Hodak, dia belum bisa mengatasi situasi sulit saat tim kehilangan dua bomber Brasil David da Silva dan Ciro Alves secara bersamaan, terbukti Persib gagal mengoyak gawang lawan kemarin. 

Pada laga lanjutan pekan ke-31 Liga 1 2023-2024 melawan Persita Tangerang, kabar baik Persib sudah bisa diperkuat oleh Dedi Kusnandar juga penjaga gawan Kevin Ray Mendoza. 

Sebelum Liga 1 2023-2024 pekan ke-31 diputuskan ditunda, mulanya Persib akan bertanding melawan Persita pada Selasa (2/4/2024) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. 

"Dedi (Kusnandar) dan Kevin (Mendoza) sudah kembali, dua pemain yang saya percaya. Ciro juga kemungkinan sudah bisa kembali bermain," ujar Hodak.  

"Jadi, ini memberi saya opsi lebih banyak, jadi kita lihat nanti. Saya harus melakukan rotasi lagi, tetapi kita harus melihatnya dulu,” jelas Hodak pada Sabtu (30/3/2024) usai memimpin latihan tim di Stadion Persib, Sidolig, Bandung. 

Baca juga: David da Silva Mogok Latihan dan Bertanding, Masalah Sensitif dengan Persib

Penting untuk memenangkan setiap pertandingan di sisa empat laga. Persib yang ada di peringkat kedua ingin sesegera mungkin mengunci tiket Championship Series yang tinggal di depan mata. 

"Setiap pertandingan itu sangat penting, saat ini banyak tim yang kehilangan poin karena di Liga 1 semua tim bisa mengalahkan satu sama lain," sebut Hodak. 

"Bisa dilihat pada beberapa pertandingan terakhir banyak hasil yang mengejutkan. Jadi, saya selalu katakan bahwa setiap gol dan setiap poin itu sangat penting," katanya. 

"Jadi, jika mampu mendapatkan tiga poin melawan Persita, ini bagus untuk mengamankan posisi empat besar," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com