Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernardo Tavares Bicara soal Peluang Latih Timnas Indonesia

Kompas.com - 05/02/2024, 09:30 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, angkat bicara soal peluangnya melatih timnas Indonesia.

PSM Makassar asuhan Bernardo Tavares membuka tahun 2024 dengan kemenangan besar atas Persita Tangerang. Hasil itu muncul meski PSM hanya memiliki masa persiapan dua minggu. 

Tim berjulukan Juku Eja berhasil menang dengan skor 4-0 atas Persita pada laga pekan ke-24 Liga 1 2023-2024 di Stadion Batakan, Balikpapan, Minggu (4/2/2024) sore.

Dua pemain asing PSM berhasil mengemas dwigol, yakni Adilson Silva (8', 65') dan Kenzo Nambu (29', 55').

Usai raihan hasil positif tersebut, pelatih PSM, Bernardo Tavares, merespons pertanyaan terkait peluangnya menukangi timnas Indonesia.

Bernardo Tavares memulai karier di Indonesia pada tahun 2022 lalu. Ia mampu cepat beradaptasi dengan gaya sepak bola Indonesia dan membawa PSM juara Liga 1 2022-2023.

Baca juga: Shin Tae-yong Akui Terima Tawaran Negara Lain, tetapi Tak Ingin Tinggalkan Timnas Indonesia

Bernardo Tavares mengaku saat ini dirinya belum memikirkan peluang untuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Saat ini ia fokus dengan kontraknya bersama Juku Eja.

Apalagi, kompetisi fase reguler Liga 1 2023-2024 tinggal menyisakan 10 laga. PSM arahan Tavares saat ini berada di papan tengah, persisnya posisi ke-7 klasemen dengan perolehan 32 poin.

PSM berjarak tujuh poin dengan empat besar, zona yang berhadiah tiket ke fase Championship Series.

Karena situasi ini, tak elok bagi Bernardo Tavares untuk membahas kemungkinan kontrak dengan pihak lain, termasuk potensi melatih timnas Indonesia.

"Saya tidak tahu jika ditawari melatih timnas. Saya punya kontrak dengan PSM Makassar," ujar pelatih asal Portugal itu.

Baca juga: STY Minta Indonesia Jangan Cuma Fokus ke AFF, Yakin Capai Level Asia

Nama Bernardo Tavares mengapung sebagai salah satu kandidat pelatih timnas Indonesia, menyusul kabar terkini tentang situasi kontrak Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong yang kini menjabat posisi pelatih kepala timnas Indonesia, mengaku telah mendapat tawaran dari negara lain. Kabar itu tersiar dari media Korea Selatan, Sports Kyunghyang.

Adapun kontrak STY bersama timnas Indonesia akan berakhir pada Juni 2024 nanti.

Pelatih yang mengantar timnas Indonesia mencetak sejarah dengan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 itu berkomitmen untuk menghormati ikatan kerjanya.

"Soal coach Shin Tae-yong dilirik negara lain itu kan saya enggak bisa larang. Yang pasti coach dengan saya bersepakat kontraknya sampai Juni 2024 dan ada tugas yang kami sepakati," ujar Erick Thohir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com