Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daisuke Sato Resmi Berpisah dengan Persib Bandung

Kompas.com - 31/01/2024, 17:43 WIB
Adil Nursalam,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daisuke Sato dan Persib Bandung resmi mengakhiri kontrak kerja sama yang sudah diumumkan klub pada Rabu (31/1/2024).

Tak ada penalti atas pemutusan kontrak, karena kesepakatan ini merupakan persetujuan bersama ketika sisa kontrak Daisuke Sato menyisakan satu tahun hingga Januari 2025. 

Penghentian ikatan kerja menjadi jalan yang diambil dua pihak, mengingat wing back Timnas Filipina itu tidak mendapatkan tempat di skuad Persib arahan Bojan Hodak di putaran kedua Liga 1 2023-2024

Head of Communication PT Persib Bandung Bermartabat, Adhi Pratama, mengatakan pihaknya menyetujui permintaan Sato demi kelanjutan karier sang bek kiri. 

Baca juga: Daisuke Sato Berpisah dengan Persib, Indikasi Permanen

“Setelah menjalin komunikasi dengan baik, Persib menyetujui permohonan pihak Sato untuk mengakhiri kerja sama,” kata Adhi. 

“Hatur nuhun atas dedikasi dan kontribusi Sato selama memperkuat Persib," ucap Adhi melanjutkan.

Sato mengalami masa sulit pada akhir tahun 2023 setelah dipinggirkan dari skuad Bojan Hodak yang memilih 

Sato sudah tak terdaftar sebagai pemain Persib di Liga 1 per November (2023) karena slot kuota asing Persib sudah terpenuhi dengan Hodak mendatangkan penjaga gawang asing yang juga berpaspor FIlipina, Kevin Ray Mendoza

Baca juga: Rencana Persib Melego Daisuke Sato dan Tyronne del Pino

Kevin Ray Mendoza penjaga gawang baru milik Persib di putaran kedua Liga 1 2023-2024 menjalani latihan perdana pada Rabu (29/11/2023) di Stadion Persib Sidolig Bandung. KOMPAS.com/ADIL NURSALAM Kevin Ray Mendoza penjaga gawang baru milik Persib di putaran kedua Liga 1 2023-2024 menjalani latihan perdana pada Rabu (29/11/2023) di Stadion Persib Sidolig Bandung.

Situasi ini menjadi hal yang cukup menyakitkan, meski dirinya tahu hal seperti ini sudah lumrah terjadi di dunia sepak bola profesional. 

“Hatur nuhun Persib, saya selamanya bersyukur atas cinta yang saya terima dari para Bobotoh,” begitu ucapan perpisahan Sato dalam media sosial instagram miliknya @daisukesato11.  

“Saya berkorban, dan memberikan segalanya untuk klub, untuk kebanggaan kota, dan Bobotoh setiap kali saya memakai jersey Persib.”

“Kamu akan selamanya ada di hatiku. Hatur nuhun. Sampai jumpa lagi,” tutur Sato yang kini telah pulang ke negaranya Filipina. 

Baca juga: Perasaan Kevin Ray Mendoza, Singkirkan Daisuke Sato di Skuad Persib

Pemain keturunan Jepang itu total memperkuat Persib selama satu musim setengah. 

Ia merasakan periode tiga kepelatihan mulai dari tangan Robert Rene Alberts, Luis Milla, hingga Bojan Hodak. 

Bersama Persib ia memainkan 44 pertandingan dengan 3.668 menit bermain, menyumbang dua gol di musim pertamanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com