Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Vietnam, 5 Hal Menarik dari Kemenangan Hebat di Piala Asia

Kompas.com - 20/01/2024, 00:19 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Indonesia berjaya 1-0 atas Timnas Vietnam pada laga Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024).

Pertandingan Grup D Piala Asia 2023 ini merupakan pertemuan pertama kedua negara sejak semifinal Piala AFF 2022 di mana Garuda ketika itu terpaksa menyerah 0-2.

Gol tunggal Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, tersebut datang dari tembakan penalti Asnawi Mangkualam pada menit ke-42.

Berikut adalah 5 hal menarik dari laga Timnas Indonesia vs Vietnam.

1. Permainan lebih positif Garuda

Merah Putih langsung menggebrak. Pasukan Shin Tae-yong melepas tiga tembakan dari sembilan menit awal laga. Diawali oleh bola terobosan bagus ke arah lari Rafael Struick.

Tim Vietnam ini memang terlihat bisa lebih mudah dijebol ketimbang Irak pada laga pertama di mana lapangan tengah Garuda tak diberi waktu bernafas.

Baca juga: Hasil Timnas Indonesia Vs Vietnam 1-0: Gol Asnawi, 1 Kartu Merah, Garuda Menang!

Bola direct ke depan akhirnya berperan. Justin Hubner memberi bola lambung terobosan yang dikejar oleh Rafael Struick. Sang penyerang berhasil menahan bola dengan baik sehingga bajunya ditarik oleh pemain lawan dan wasit menunjuk titik putih.

2. Penalti Asnawi Mangkualam, perdana bagi Garuda di Piala Asia 

Asnawi Mangkualam mendribel bola dalam laga Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024).Dok. PSSI Asnawi Mangkualam mendribel bola dalam laga Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024).

Gol tersebut adalah yang pertama bagi Asnawi bersama Timnas Indonesia sejak menghadapi Laos di fase grup Piala AFF 2020. Ia mencetak dua gol dari 38 pertandingan bersama Merah Putih.

Asnawi Mangkualam jadi pencetak gol kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Vietnam sejak Boaz Salossa pada 3 Desember 2016.

Menariknya, kedua gol tersebut sama-sama datang dari titik putih. Ini sekaligus penalti pertama Garuda dalam delapan laga sepanjang partisipasi di Piala Asia sejak 1996.

3. Jatuh bangun menahan gempuran Vietnam

Persis seperti yang dilakukan Garuda pada babak pertama, Vietnam tampil tancap gas setelah turun minum. Mereka melepas tiga tembakan dalam lima menit pertama babak kedua, melebihi catatan mereka sepanjang 45 menit pertama laga.

Baca juga: Klasemen Piala Asia Usai Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam: Garuda Naik Peringkat, Irak Lolos

Penyerang mereka, Nguyen Tuan Anh, bahkan hampir mencetak gol dalam tujuh menit awal babak kedua setelah ia melepaskan diri dari penjagaan. Garuda sedikit beruntung karena Vietnam tak dapat memanfaatkan beberapa peluang yang tercipta.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com