Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Posisi Iqbal Gwijangge dalam TC Timnas U20 Indonesia

Kompas.com - 04/01/2024, 17:40 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kapten timnas Indonesia pada Piala Dunia U17 2023, Muhammad Iqbal Gwijangge, mengalami perubahan posisi saat pemusatan latihan (TC) di Jakarta.

Iqbal, yang sebelumnya berperan sebagai bek tengah, kini diuji sebagai gelandang bertahan pelatih Indra Sjafri.

"Tidak ada masalah dengan posisi baru, saya akan mengikuti sesuai kebutuhan pelatih. Mau jadi bek tengah ataupun gelandang, saya siap selalu," kata Iqbal dilansir dari situs resmi PSSI.

Iqbal menyambut peran barunya dengan sikap positif, siap beradaptasi dengan kebutuhan tim.

Baca juga: Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023, STY Coret 2 Nama

"Saya juga jadi bisa belajar untuk main dua posisi karena saat ini sepak bola modern kita harus bisa dua atau banyak posisi sehingga bisa membantu pelatih jika dalam permainan ada strategi yang kurang," kata Iqbal.

Iqbal Gwijangge, yang berasal dari Sumedang, Jawa Barat, menyatakan pasca-kepulangan dari Qatar, semua pemain telah menunjukkan kemajuan kondisi secara menyeluruh.

"Setelah kembali dari Qatar, semua pemain dalam kondisi yang lebih baik. Kami meningkatkan fisik di Qatar dan tes fisik seperti vald dan VO2max telah dilakukan di sini. Semua pemain menunjukkan performa yang sangat baik. Kami tetap fokus, berkerja keras, dan disiplin," tambah pemain yang berasal dari Barito Putera tersebut.

Sebelumnya, Iqbal berharap bahwa program pemusatan latihan (TC) Timnas U20 Indonesia selama sekitar seminggu di Qatar akan menghasilkan dampak positif guna mencapai tujuan utama melaju ke Piala Dunia U20 2025 di Chile.

Baca juga: Timnas Indonesia Kalah pada Uji Coba Pertama, Shin Tae-yong Tak Lihat Hasil Akhir

"Target pribadi, paling penting adalah setiap latihan memberikan 100 persen. Semoga bisa menembus tim inti hingga Piala Dunia U20. Saya minta doa dan dukungan dari masyarakat, semoga kami bisa mewakili Indonesia di Piala Dunia U20 nanti,” ujar Iqbal.

"Saya berharap kami bisa lolos di semua event yang diikuti. Ada Piala AFF, Piala Asia, dan sampai lolos Piala Dunia U20. Semoga kami bisa lolos, mohon dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com