Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Vs Libya 0-4, Shin Tae-yong Tak Lihat Skor, Fokus Irak

Kompas.com - 03/01/2024, 15:32 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyatakan pertandingan kemarin menjadi evaluasi penting agar bisa memaksimalkan kesempatan di pertandingan kedua melawan Libya pada Jumat (5/1/2024).

Timnas Indonesia baru saja mengalami kekalahan telak dengan skor 0-4 pada saat melakoni laga uji coba melawan Libya di Stadion Titanic Mardan, Aksu, Turkiye, pada Selasa (2/1/2024)

Pertandingan terakhir melawan Libya tidak dimasukkan ke dalam hitungan resmi karena tidak didaftarkan ke FIFA.

Sementara itu, untuk pertandingan kedua yang dijadwalkan pada Jumat (5/1/2024) di Stadion Titanic Mardan, Aksu, Turki, akan diperhitungkan dalam poin karena sudah resmi didaftarkan PSSI ke FIFA.

Baca juga: Lakukan Kesalahan Saat Debut di Timnas Indonesia, Justin Hubner Minta Maaf

"Memang kemarin tak lihat skor dan secara fisik para pemain pasti capek untuk laga kemarin.  Mulai hari ini, daripada kami latihan fisik, kami akan conditioning kondisi para pemain mulai laga lusa lawan Libya tanggal 5 secara keseluruhan, bakal menyesuaikan laga Irak nanti," tutur STY, dalam jumpa pers virtual pada Rabu (3/1/2024) sore WIB.

"Ini salah satu proses dan akan menyesuaikan formasi agar bisa melawan Irak dengan baik dan kami bakal mempersiapkan tim lebih baik mulai tanggal 5 untuk antisipasi (pertandingan kedua melawan Libya)," lanjut pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong juga mengungkapkan prioritasnya menyiapkan tim untuk pertandingan melawan Irak pada Senin (15/1/2024) dalam ajang Piala Asia.

"Jadi, rencana timnas, 20 pemain akan dibawa ke Doha sampai uji coba lawan Iran (9/1/2024), setelah lawan Iran, baru akan menjadi 26 pemain (untuk Piala Asia)," ucapnya.

"Memang sebelumnya sudah dibicarakan satu hari sebelum laga kemarin memang kami bukan fokus laga, tetapi fokus latihan fisik. Fokus akan ke Irak di tanggal 15 daripada latihan taktik, kami lebih ke fisik," katanya.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Libya: Debut Justin Hubner, Garuda Takluk 0-4

Pelatih berusia 53 tahun tersebut mengungkapkan mengenai Justin Hubner yang baru saja bergabung dengan tim di Turkiye dan keputusannya untuk langsung memainkan Hubner dalam pertandingan sebagai pemain pengganti.

"Begitu datang ikut tanding, dia ikut latihan di tim dan dia bicara bisa bermain 45 menit," ujarnya.

"Saya tidak anggap laga ini penting untuk skor, menang kalah tak penting, jadi saya memainkan Justin juga untuk mengecek pemain untuk fisiknya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com