Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jordi Amat: Indonesia Underdog, Piala Asia Akan Jadi Turnamen Hebat

Kompas.com - 29/12/2023, 19:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber PSSI

KOMPAS.com - Bek timnas Indonesia, Jordi Amat, menilai skuad Garuda merupakan tim underdog alias kuda hitam di Piala Asia 2023. 

Jadwal Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. 

Dibanding tiga tim lainnya, Indonesia merupakan tim dengan peringkat terendah di Grup D Piala Asia 2023 yaitu urutan ke-146. 

Sementara, Jepang saat ini menempati posisi ke-17, Irak ada di urutan ke-63, dan Vietnam menghuni peringkat 94. 

Baca juga: Piala Asia 2023, Saat Pelatih Sandy Walsh Berharap Timnas Indonesia Cepat Gugur...

Jordi Amat mengakui bahwa Indonesia berstatus tim underdog. Namun, situasi itu pantang membuat skuad Garuda berkecil hati. 

"Melihat peluang kami, menurut saya mungkin kami bisa dibilang tim underdog di grup ini. Tapi, Anda tidak pernah tahu, ini adalah sepak bola," ucapnya, dikutip dari PSSI. 

Bek timnas Indonesia tersebut menegaskan bahwa Indonesia siap menghadapi tantangan ini dan bersaing di Piala Asia 2023. 

"Saya pikir tim ini siap untuk bertarung dan berkompetisi. Mungkin di dua laga sebelumnya (kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina) kami kurang bagus," kata Jordi. 

Baca juga: Curhat Marc Klok, Siap Berkorban Demi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

"Namun, kami harus memperbaikinya. Ini adalah tantangan positif bagi kami ke depannya, kami harus berbuat lebih bagus lagi," tutur Jordi. 

Pemain Johor Darul Ta'zim itu sudah tak sabar memperkuat timnas Indonesia di Qatar. 

"Saya siap menjalani Piala Asia tahun depan, saya menantikan pergi ke Qatar. Itu akan menjadi turnamen yang hebat," kata Jordi. 

"Kami semua menantikannya, tapi sebelumnya kami harus mempersiapkan diri di sini, di Antalya, Turki. Senang berada di sini," ucap Jordi. 

Baca juga: Piala Asia 2023, Fisik Pemain Timnas Indonesia Masih Menjadi Sorotan

Jordi Amat baru bergabung dengan timnas Indonesia yang sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 21 Desember 2023. 

Ia telat datang lantaran harus menjalani terapi cedera bahu di Spanyol. Timnas Indonesia berada di Turki hingga 6 Januari dan menjalani dua laga uji coba melawan Libya. 

Setelah itu, Garuda terbang ke Qatar dan memainkan pertandingan uji coba terakhir melawan Iran sebelum resmi bertanding di Piala Asia 2023. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com