Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinergitas Kunci Kesuksesan Piala Dunia U17 2023 Indonesia

Kompas.com - 02/12/2023, 08:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria, mengungkapkan bahwa sinergi para stakeholder di pusat dan daerah menjadi kunci kesuksesan Piala Dunia U17 2023 di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Ratu Tisha saat konferensi pers di Informasi Center Piala Dunia U-17 Surakarta, di Hotel Solia Zigna, Solo, Jumat (1/12/2023).

"Terima kasih sekali lagi kepada media dan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) yang sudah melengkapi sinergitas ini untuk lancarnya pagelaran kita, turnamen FIFA pertama Piala Dunia U-17 yang ada di Indonesia," katanya dalam rilis yang diterima Kompas.com. 

Mewakili Ketua PSSI, Ratu Tisha menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan kerja cerdas semua pihak.

Baca juga: Tiga Evaluasi FIFA untuk Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U17

Sejak babak penyisihan hingga jelang partai final tak ada kejadian luar biasa yang bisa mempengaruhi penyelenggaraan.

"Ini semua berkat sinergitas dan kebersamaan pemangku kepentingan. Ini menjadi satu pembelajaran yang sangat penting dari Piala Dunia U-17 untuk perkembangan persepak bolaan Tanah Air," ujar dia.

Menurut Tisha, ketika seluruh pihak memiliki rasa tanggung jawab sebagai sebuah bangsa, dari pusat dan daerah akan melakukan yang terbaik, maka semua hasilnya akan bagus. 

Hal ini terbukti dari 52 pertandingan, 50 diantaranya telah rampung diselenggarakan di empat stadion, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Manahan (Solo). 

Baca juga: Manfaat Piala Dunia U17 untuk Pengembangan Pemain Muda

“Tanpa kendala berarti. Dalam sebuah perhelatan sudah pasti tidak akan mulus-mulus saja. Pasti ada. Tapi yang paling penting bagaimana penanganan dilakukan dengan cepat, cermat dan terbaik,” katanya.

Tisha pun meminta dukungan agar pertandingan tersisa yaitu final Piala Dunia U17 2023 yang mempertemukan Jerman dan Perancis juga berjalan dengan baik.

Final Piala Dunia U17 2023 akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2023) pukul 19.00 WIB. 

"Saat ini kita telah selesai. Deliverable kita 50 pertandingan dari 52 pertandingan dan itu adalah satu prestasi yang luar biasa bagi Indonesia. Bukan bagi PSSI, tapi bagi Indonesia untuk kita semua," kata Ratu Tisha Destria.

Baca juga: Jelang Laga Final Piala Dunia U17, Tim Muda Prancis Mendapatkan Wejangan dari Pendahulu

Ratu Tisha kembali mengucapkan terima kasih kepada seluruh awak media dan fans sepak bola di Indonesia yang turut mendukung event ini hingga berjalan dengan lancar.

"Terima kasih untuk teman-teman media juga. Tanpa kalian sebagaimana layaknya juga tanpa fans garing kami. Mau kita terus giring kalau tidak ada teman-teman media yang ikut merayakan dan menyemarakkan pasti kami dari LOC pun tidak akan bisa maksimal dalam bekerja," ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, Tisha juga menyampaikan bahwa seluruh tim yang berlaga sepakat menganggap gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia adalah satu yang terbaik.

Semuanya pun sepakat memuji kualitas lapangan baik yang digunakan bertanding maupun tempat latihan. Termasuk pujian untuk pelayanan dan keramahan.

"Bagi kami, pujian tertinggi yang bisa didapatkan adalah berasal dari tim yang bertanding," ujar Ratu Tisha. 

Pada laga perebutan tempat ketiga dan final Piala Dunia U17, Tisha mengatakan bahwa akan ada sedikit sentuhan guna mempercantik lokasi pertandingan. 

"Jadi kami akan menaikkan sedikit levelnya dalam segi branding dan dressing untuk partai final dan saya rasa ini adalah satu hal yang juga baru bahwa ini festival memang ada perbedaan dari satu stage ke stage lain," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com