Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia U17 2023 Jepang Vs Polandia, Fakta Samurai Biru Diunggulkan

Kompas.com - 10/11/2023, 22:30 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pertandingan pertama Grup D Piala Dunia U17 2023 Indonesia akan mempertemukan juara Piala Asia AFC U17 Jepang melawan wakil Eropa Polandia. 

Duel Jepang vs Polandia akan berlangsung Sabtu (11/11/2023) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, kick off mulai pukul 16.00 WIB. 

Jepang telah menuntaskan persiapan terakhirnya di Stadion Sidolig, Jl Ahmad Yani, Bandung, pada Jumat (10/11/2023).

Pelatih Tim Nasional Jepang Yoshiro Moriyama mengungkapkan timnya dalam keadaan yang bagus menuju kick off laga pertama.

Baca juga: Piala Dunia U17 2023, Ambisi Gaku Nawata Bawa Jepang Lolos Grup D

Jepang punya modal bagus yang cukup meyakinkan. Secara mental mereka adalah juara Piala Asia U17 2023.

Secara adaptasi, diakui Moriyama udara di Bandung Indonesia tidak berbeda jauh dengan negaranya Jepang yang punya kelembaban udara yang cukup tinggi.

Bandingkan dengan Polandia, yang beriklim dingin. Mereka adalah tim kuda hitam Eropa yang lolos ke Piala Dunia U17 setelah menjadi semifnalis Euro U17 2023.

“Semua pemain dalam keadaan yang bagus dan pemain siap untuk bertanding, mereka ada di kondisi terbaik mereka,” sebut Moriyama.  

“Kami tahu bahwa di sini suhu dan kelembaban cukup tinggi, tapi di Jepang pun tidak terlalu berbeda kondisi cuacanya, jadi ini bukan masalah bagi kami, semua pemain sudah beradaptasi,” paparnya. 

Baca juga: Jadwal Piala Dunia U17 2023 Grup D, Menanti Tarung Jawara Asia Vs Afrika

Modal cukup meyakinkan itu harus dimaksimalkan Jepang di laga pertama yang dinilai selalu sulit. 

Mengalahkan Polandia memang bukan perkara mudah, Moriyama tetap menginstruksikan pemainnya waspada.

Dengan filosofi kerja keras, tim Samurai Biru berusaha melaju sejauh mungkin di Piala Dunia U17 2023 Indonesia kali ini. 

Ini jadi keikutsertaan Jepang yang ke-10 kalinya. Sepanjang sejarah Piala Dunia U17, Jepang selalu gagal di babak 16 besar. 

Baca juga: Kabar Mantan Bomber Persib Ekene Ikenwa Pantau Piala Dunia U17 2023

Moriyama menilai Grup D dihuni oleh lawan-lawan tangguh.

Selain Polandia, ada Senegal sebagai juara Piala Afrika U17 2023, dan satu tim yang selalu diunggulkan adalah Argentina. 

“Saya pikir Grup D adalah grup tersulit dengan banyaknya lawan kuat, jadi kami harus bekerja keras di grup ini,” ujarnya. 

“Kami mencoba melakukan terbaik dari hari ke hari, dan kami coba untuk terus bertahan selama mungkin di sini dengan cara kami menang di setiap laga,” terangnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com