Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Piala Dunia U17 2023, Jokowi Beri Bintang Jasa Pratama untuk Presiden FIFA

Kompas.com - 10/11/2023, 15:41 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden FIFA, Gianni Infantino, menerima tanda kehormatan bintang jasa pratama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penganugerahan untuk Gianni Infantino diberikan usai Presiden Jokowi memberikan gelar pahlawan nasional kepada 6 orang pejuang di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023). 

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dst, memutuskan menetapkan dst kesatu, menganugerahkan tanda kehormatan bintang jasa kepada Gianni Infantino Presiden federasi sepak bola dunia (FIFA)," kata Sesmilpres Laksamana Muda TNI Hersan membacakan Keputusan Presiden, dilansir dari Kompas Nasional. 

"Pengabdian dan Pengorbanannya di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan atau dalam bakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional serta warga negas asing yang berjasa besar pada bangsa dan negara Indonesia," ucapnya. 

Baca juga: Piala Dunia U17 2023, Jokowi Beri Bintang Jasa untuk Presiden FIFA

Pemberian gelar kehormatan untuk Gianni Infantino diusulkan oleh PSSI, sebelum akhirnya disepakati pada rapat terbatas bersama Dewa Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan (DGTK) di Istana Kepresidenan, Jakarta, 3 Agustus 2023. 

Ketua DGTK, Mahfud MD, menjelaskan alasan Gianni Infantino layak menerima tanda kehormatan ini berkat jasanya untuk sepak bola nasional. 

"Kalau yang (penghargaan kepada) FIFA itu karena jasa-jasanya atas persepakbolaan di Indonesia," ucap Mahfud, Kamis (3/8/2023). 

"Sehingga dia dianggap layak berdasarkan diskusi-diskusi panjang, bukan diskusi yang instan. Apa yang diberikan, apa yang dilakukan," ungkap Mahfud MD. 

Baca juga: Pembukaan Piala Dunia U17 2023: Ada Jokowi dan Presiden FIFA, Diramaikan 2 Artis

Setelah agenda di Istana Negara, Presiden Jokowi dan Gianni Infantino dijadwalkan menghadiri pembukaan Piala Dunia U17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. 

Acara tersebut digelar malam ini pukul 18.00 WIB dan hanya berlangsung beberapa menit, sebelum pertandingan Indonesia vs Ekuador. 

Laga timnas U17 Indonesia vs Ekuador yang merupakan laga Grup A Piala Dunia U17 2023 akan berlangsung pukul 19.00 WIB. 

(Penulis: Fika Nurul Ulya, Editor: Diamanty Meiliana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com