Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bima Sakti Tidak Mau Bebani Pemain, Mental Skuad Timnas U17 Aman

Kompas.com - 08/11/2023, 09:40 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dua hari lagi timnas U17 Indonesia U17 akan melakoni debut Piala Dunia U17 2023 pada 10 November 2023.

Para pemain timnas U17 Indonesia yang belum memiliki pengalaman pada turnamen ini tentu terdapat tekanan yang tertuju pada diri mereka.

Menyikapi hal tersebut, pelatih timnas U17 Indonesia, Bima Sakti, ingin pemainnya bermain lepas dan tidak membebani dengan target tinggi di Piala Dunia U17 2023.

"Yang pasti, saya tidak mau terlalu membebani pemain. Yang pasti mereka juga sadar ini kesempatan yang langka," ujar Bima Sakti di Lapangan A, komplek Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (7/11/2023) malam, dalam keterangan dari PSSI, Rabu (8/11/2023).

Baca juga: Piala Dunia U17, Bima Sakti Tak Ingin Jejali Pemain Target-Ekspektasi

Diketahui, Indonesia ditargetkan lolos ke-16 besar Piala Dunia U17 2023. Lolos ke-16 besar bisa dicapai apabila meraih juara grup, runner up, dan jalur tim peringkat ketiga terbaik yang hanya tersedia empat kuota.

"Mereka sudah tahu tugas dan tanggung jawab. Selalu fokus dalam setiap pertandingan dan siap memberikan yang terbaik," kata Bima Sakti.

Indonesia akan menjalani debut melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023).

Laga ini menjadi spesial karena merupakan pembukaan turnamen Piala Dunia U17 sekaligus diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Baca juga: Piala Dunia U17, Target Jerman Hanya Juara

Mendekati hari pertandingan, gelandang Nabil Asyura mengatakan dirinya dan tim sudah siap untuk mengikuti turnamen ini dengan berbagai persiapan yang telah dijalani.

"Tim sudah dipersiapkan dengan baik. Saat ini, kami latihan taktikal dan strategi. Kalau untuk chemistry antar-pemain sudah semakin oke dan kompak," kata Nabil.

Menjelang berhadapan dengan Ekuador di pertandingan pertama, pemain Persija Jakarta tersebut mengatakan mental para pemain sudah siap.

"Insya Allah mental kami sudah tidak ada masalah menghadapi lawan-lawan di Grup A. Untuk itu kami juga mohon doa dan dukungannya kepada suporter Indonesia untuk dapat memenuhi Stadion saat kita bertanding.”

Baca juga: Piala Dunia U17 2023: Maroko Aroma Eropa, Siap Bersaing demi Juara

“Itu menjadi tambahan motivasi kita agar dapat merauh hasil terbaik dan mencatatkan sejarah baru buat Indonesia," katanya.

Indonesia tergabung di Grup A Piala Dunia U17 2023 bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Seluruh laga Indonesia akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

* Daftar Pemain di Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

  • Kiper: Ikram Algiffari (PPLP Sumbar), Andrika Fathir (Borneo FC), Rifky Tofani (PPOP DKI Jakarta).
  • Belakang: Rizdjar Nurviat (Borneo FC), Tonci Ramandei (PPLP Papua), Mohamad Andre (Bali United), Welberlieskott Jardim (Sao Paulo), Sultan Zaky (PSM Makassar), Habil Abdillah (PPLP Jateng), M Iqbal Gwijangge (Barito Putera).
  • Tengah: Achmad Zidan (PSS Sleman), Mokhamad Hanif (Cipta Cendekia), Figo Dennis (Persija Jakarta), Muhammad Kafiatur (Dewa United), Ji Da Bin (ASIOP), Amar Brkic (TSG 1899 Hoffenheim), M. Riski Afrisal (Madura United), M. Nabil Asyura (Persija Jakarta), Jehan Pahlevi (Persija Jakarta).
  • Depan: Arkhan Kaka (Persis Solo), M. Aulia Rahman (Persita Tangerang).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com