Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembukaan Piala Dunia U17, Surabaya Siapkan Keamanan dan Kenyamanan

Kompas.com - 03/11/2023, 17:00 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Piala Dunia U17 2023 Indonesia akan segera dibuka di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 10 November 2023.

Surabaya pun telah bersiap untuk keamanan dan kenyamanan penonton dalam menyaksikan acara pembukaan dan jalannya turnamen yang akan berlangsung hingga 2 Desember itu.

Sebanyak 3.393 personel gabungan TNI dan Polri direncanakan dilibatkan mengamankan Piala Dunia U17 2023 di Kota Pahlawan tersebut.

Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Puji Santosa, mengatakan, para personel pengamanan Piala Dunia U17 di Surabaya tergabung dalam PAM Operasi Aman Bacuya (Badak Cula Cahaya) 2023. Para personel mulai melaksanakan operasi per hari Rabu, 1 November.

"Tim-tim kontestan mulai berdatangan. Kami mulai fokus bekerja untuk mengamankan mereka, juga bersiap untuk acara pembukaan nanti," kata Puji Santosa di Surabaya, Jatim, Jumat (3/11/2023), dalam keterangan dari LOC Piala Dunia U17 2023.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala Dunia U17 2023, Garuda Lawan Ekuador di Laga Pertama

Puji menyebutkan tugas personel itu sudah dibagi untuk mengamankan Piala Dunia U17 2023. Titik pertama PAM di Bandara, lalu PAM rute, dan PAM akomodasi di hotel.

"Untuk pola pengamanan nanti karena akan dihadiri oleh Presiden nanti koordinasi dengan TNI dengan pola zona ring satu, dua dan tiga," ujarnya.

"Kemudian juga PAM di lokasi latihan di Lapangan Thor, Lapangan Tambaksari (Gelora 10 November), kemudian di lapangan ABC GBT. Kami juga fokus di lokasi rawan terjadinya gangguan baik di tempat warga berkumpul," ujar Puji Santoso.

Pengamanan ekstraketat perlu dilakukan mengingat Presiden RI Joko Widodo dan Presiden FIFA, Gianni Infantino, yang didampingi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bakal hadir dalam laga Timnas Indonesia vs Ekuador di GBT, yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Acara opening ceremony melibatkan artis-artis lokal papan atas. 

Baca juga: Piala Dunia U17, Kesan Penggawa Timnas Meksiko Usai Latihan di Bali

Gebyar Piala Dunia U17 2023 memang terasa sangat kuat di Surabaya, mengingat timnas Indonesia U17 akan berlaga di kota ini. Mereka akan bersaing di Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Selain itu, GBT  juga akan menjadi venue dua pertandingan pada 16 besar pada 21 November 2023.

Selain itu, agar penonton nyaman membanjiri setiap pertandingan Piala Dunia U-17 di Surabaya, Dinas Perhubungan Kota Surabaya telah menyiapkan sebanyak 110 armada shuttle bus.

Pembatasan kendaraan pribadi menuju GBT selama turnamen berlangsung diantisipasi pemerintah kota dengan angkutan gratis menuju stadion di kawasan Surabaya Barat itu.

Kepala Dishub Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru, menyebutkan shuttle bus yang disiapkan akan disebar di enam titik pemberhentian.

Enam titik keberangkatan shuttle bus itu adalah Balai Kota, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Terminal Tambak Osowilangun (TOW), Terminal Benowo, tempat pengujian kendaraan bermotor Tandes, dan Ciputra World.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com