Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merchandise Resmi Piala Dunia U17: Dibuat di Indonesia, Libatkan UMKM

Kompas.com - 27/10/2023, 22:30 WIB
Ahmad Zilky,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com – FIFA telah memberikan kepercayaan kepada PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) untuk memegang merchandise resmi Piala Dunia U17 2023.

Nantinya, perusahaan asal Indonesia itu akan bertanggung jawab untuk memproduksi dan mendistribusikan beragam produk merchandise untuk Piala Dunia U17 2023.

UMKM dari willayah Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah juga akan dilibatkan sebagai mitra produksi dengan memberdayakan ribuan tenaga kerja terampil lokal.

Nantinya, sedikitnya akan ada 32 jenis produk yang dibuat berupa t-shirt, jersey, polo, jaket, topi, celana, dan suvenir seperti boneka, maskot, syal, tas, stiker, dan gantungan kunci.

Baca juga: Eksklusif, Anggota Tim Studi Teknis FIFA Tak Sabar Menantikan Piala Dunia U17

Semua produk merchandise dibuat dengan menggunakan lebih dari 98 persen bahan baku berkualitas dari dalam negeri.

Sementara itu, material yang harus diimpor merupakan komponen untuk memastikan keaslian lisensi dari FIFA seperti hologram dan material eksklusif lainnya.

Produk-produk merchandise Piala Dunia U17 2023 akan tersedia di semua arena pertandingan yakni, Jakarta International Stadium, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, dan Stadion Gelora Bung Tomo.

Operator yang bertugas di outlet-outlet penjualan merchandise akan direkrut dari tenaga kerja yang berdomisili di kota-kota penyelenggara.

Baca juga: Trophy Tour Experience Piala Dunia U17 2023 Akan Sampai Surabaya

Produk-produk berlisensi resmi Piala Dunia U17 2023 akan tersedia sebelum kickoff turnamen antarpesepak bola muda dua tahunan itu.

Adapun Piala Dunia U17 2023 akan bergulir di empat kota di Indonesia yakni, Jakarta, Surabaya, Solo, dan Bandung pada 10 November-2 Desember 2023.

Timnas U17 Indonesia tergabung di Grup A Piala Dunia U17 2023 bersama dengan Ekuador, Maroko, dan Panama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com