Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsenal Vs Man City, Guardiola Akui Ketakutan Besar City

Kompas.com - 06/10/2023, 22:00 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manchester City bersiap untuk menghadapi Arsenal. Pelatih Man City, Pep Guardiola, mengakui bahwa akan sulit menggantikan peran penting Rodri dalam timnya.

Laga pekan kedelapan Liga Inggris 2023-2024 antara Arsenal vs Man City akan digelar di Stadion Emirates, Minggu (8/10/2023).

Rodri, sang gelandang asal Spanyol, adalah bagian tak terpisahkan dari sistem permainan City asuhan Guardiola. Namun, Rodri masih akan absen dalam pertandingan akhir pekan ini kontra Arsenal.

Rodri mendapat hukuman larangan bermain selama tiga pertandingan setelah diusir keluar dalam kemenangan Man City atas Nottingham Forest bulan lalu.

Baca juga: Man City Sempurna di Liga Champions, Guardiola Lewati Rekor Ferguson

Hukuman ini hanya berlaku di Premier League, sehingga Rodri dapat kembali membantu Man City meraih kemenangan 3-1 dalam pertandingan Liga Champions melawan RB Leipzig tengah pekan silam.

Pada pekan ketujuh Liga Inggris 2023-2024 silam, City mengalami kesulitan tanpa kehadiran Rodri. The Citizens takluk 1-2 saat menghadapi Wolves.

"Kita akan melihat apa yang terjadi. Saya mulai berbicara hari ini dengan staf saya (mengenai absensi Rodri). Kami harus menganalisis situasinya, berlatih sore ini, dan bersiap besok," ucap Guardiola.

"Rodri adalah salah satu dari dua atau tiga gelandang bertahan terbaik di dunia, jadi pengaruhnya pada tim akan sangat besar," kata Guardiola menambahkan, dikutip dari London Evening Standard.

Guardiola menegaskan bahwa timnya akan berupaya untuk tak terlalu meratapi ketidakhadiran Rodri. 

"Kami tidak boleh mulai menangis dan mengeluh. Kami harus menemukan solusi, dan 11 pemain akan berusaha keras untuk meraih kemenangan di London," tutur Guardiola.

Baca juga: Hasil Liga Champions: Newcastle Bungkam PSG, Barca-Man City Berjaya

Pep Guardiola juga mengungkapkan rencananya untuk menghadapi Arsenal.

"Kami akan memutuskan hari ini atau besok, dan bagaimana kami akan melakukan pressing terhadap lawan."

"Ketika seorang pemain tidak hadir, kami tetap berfokus pada mereka yang ada di lapangan. Saya tidak terlalu memikirkannya. Rodri sedang berlibur sekarang dan akan kembali setelah jeda internasional untuk menghadapi Brighton."

Terlepas dari ketidakhadiran Rodri, Guardiola yakin bahwa Arsenal akan menjadi lawan yang tangguh.

Arsenal diakui Guardiola sebagai pesaing kuat Manchester City di jalur juara Premier League musim ini.

Kendati Arsenal kalah dari City dalam persaingan gelar Premier League musim lalu, Guardiola yakin bahwa mereka akan kembali kompetitif di papan atas Liga Inggris 2023-2024.

"Arsenal adalah pesaing yang kuat. Mereka sempat bersaing dengan kami dalam perebutan gelar Premier League pada akhir musim lalu dan saya yakin mereka akan kembali bersaing di papan atas musim ini." ucap Guardiola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com