Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persik Kediri Vs Persija Jakarta, Dua Raja Rimba Lapar Kemenangan

Kompas.com - 17/09/2023, 16:30 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persik Kediri akan menjalani laga berat pada pekan ke-12 Liga 1 2023-2024 melawan Persija Jakarta di Stadion Brawijaya Kediri, Minggu (17/9/2023) malam.

Laga akan berjalan sulit untuk kedua tim yang sama-sama mengusung misi untuk bangkit.

Diketahui, Persija sudah puasa kemenangan pada tiga laga terakhirnya. Dua laga kalah dan satu laga imbang membuat mereka tertahan di posisi ke-14 klasemen sementara.

Persik telah melakukan persiapan yang cukup matang dalam jeda kompetisi lalu, meskipun tiga pemainnya dipastikan absen pada pertandingan ini.

"Kami punya cukup banyak waktu untuk mempersiapkan laga ini. Namun, sayangnya masih ada beberapa pemain yang dalam proses pemulihan belum bisa bergabung," kata pelatih Persik Marcelo Rospide.

Baca juga: Persik Kediri Kecewa Terus Dipermainkan Wasit, Desak VAR

Kondisi kedua tim tidak jauh berbeda. Di papan klasemen, Macan Kemayoran, julukan Persija, berada satu strip di atas Macan Putih, julukan Persik, dengan perbedaan dua poin saja.

Kendati demikian, Marcelo Rospide menegaskan Persija tetap saja bukan lawan enteng untuk dikalahkan.

"Kami mewaspadai Persija, selain karena mereka tim yang kuat dan punya banyak pemain bagus, juga karena posisi di klasemen beda tipis. Jadi, pertandingan seperti pertandingan final bagi kami," tuturnya.

Sementara itu, pelatih Persija Thomas Doll mengakui laga akan berjalan sulit untuk tim. Persik salah satu tim kuat saat bermain di kandang. Hal tersebut sudah dirasakan pada musim lalu saat Persija takluk 0-2.

Baca juga: Hasil Liga 1: Madura United Vs Bhayangkara dan Persik Vs PSIS Tanpa Pemenang

"Kami tahu sulit untuk menghadapi Persik, terlebih Persik adalah tim yang kuat di kandang. Pada musim lalu kami kalah, jadi kami harus mempersiapkan apa yang telah kami lakukan untuk laga," ujarnya.

Persija harus memenangi pertandingan ini. Mereka tidak punya pilihan lain karena sudah kehilangan banyak poin karena rangkaian hasil negatif sebelumnya.

"Ini merupakan pertandingan yang sangat penting bagi kami karena pada beberapa laga sebelumnya kami kehilangan poin. Sekarang kami harus menunjukkan kami siap setelah dua pekan liga jeda," kata pelatih asal Jerman itu.

"Jangan sampai kami kehilangan poin lagi dan setelah perjalanan jauh saya bersyukur kami bermain malam sehingga memiliki waktu untuk beristirahat," katanya.

Tantangan Persija semakin berat karena harus kehilangan tiga pemain pentingnya, yakni Rizky Ridho, Dony Tri Pamungkas, dan Syahrian Abimanyu.

Ketiganya bergabung bersama timnas U24 Indonesia yang tampil di Asian Games 2022 Hangzhou pada 19 September sampai 8 Oktober 2023.

Persija juga kehilangan pilar lini tengah, Hanif Sjahbandi, yang sedang menjalani hukuman kartu merah. Namun, Thomas Doll tetap optimisris Persija bakal mengakhiri puasa kemenangannya.

"Kami selalu berpikir positif karena itu selalu diperlukan, memberi perubahan yang bagus untuk tim," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com