Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arema FC Vs Persita, Adu Cerdas Dua Pelatih Portugal

Kompas.com - 15/09/2023, 23:59 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada pekan ke-12 Liga 1 2023-2024, Arema FC akan berhadapan dengan Persita Tangerang. Laga ini mempertemukan dua pelatih asal Portugal.

Laga Arema FC vs Persita akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (16/9/2023) sore.

Adu taktik dua pelatih asal Portugal akan terjadi. Fernando Valente, pelatih Arema FC, bakal meladeni Divaldo Silva yang baru memimpin Persita.

Seperti diketahui, tangan dingin Fernando Valente berhasil mengangkat Arema FC yang sempat terjebak di dasar klasemen Liga 1 selama 9 pekan.

Di bawah komandonya, Singo Edan berhasil memenangi dua laga beruntun dan dalam jalur ideal untuk keluar dari zona merah.

Baca juga: Hasil Liga 1: RANS Bekuk Bali United, Dewa United Vs Bhayangkara FC 2-2

Di lain sisi, Divaldo Silva adalah pelatih yang musim lalu mengangkat derajat Persik Kediri. Tim beralias Macan Putih finis di papan tengah, meski hampir sepanjang musim berkutat di zona bawah.

Prestasi terbaiknya adalah mengantarkan Persik sebagai salah satu klub pemegang rekor kemenangan terpanjang di Liga 1 Indonesia, yakni 9 pertandingan. Rekor ini menyamai capaian PSM Makassar dan Bali United.

Prestasi tersebut membuat Divaldo Alves menjadi rebutan, begitu ia memutuskan mengakhiri kebersamaan bersama Persik Kediri pada akhir musim 2022-2023.

Kini, Divaldo Alves kembali bersama Persita dan diharapkan menjadi sosok pembeda.

Fernando Valente pun antusias menyongsong laga melawan Persita besutan Divaldo Alves.

"Normalnya saya selalu mencoba mencari tahu bagaimana lawan kami bermain. Semua orang sudah tahu bahwa Persita mengganti pelatihnya. Saya sangat senang, orang Portugal juga," ucap pelatih berusia 64 tahun itu.

Baca juga: Kembali ke Arema, Arkhan Fikri Banjir Pujian Usai Bela Timnas Indonesia

Ia mengakui kehadiran Divaldo Alves bisa memberikan konsep dan warna permainan baru buat Persita. Sehingga, laga ini akan menjadi penuh kejutan dan tantangan untuk Fernando Valente.

"Persita berganti pelatih. Kami tidak tahu apa yang terjadi dan kami tahu mereka akan punya ide dan metodologi baru. Itu akan menyulitkan untuk tahu apa yang akan mereka lakukan," ujar Fernando Valente.

Fernando Valente memastikan Singo Edan dalam kondisi siap. Seperti dua laga sebelumnya, tim tidak ambil pusing dengan kekuatan lawan. 

Pelatih baru Persita Tangerang Divaldo Alves saat memimpin latihan.Dokumentasi Persita Tangerang Pelatih baru Persita Tangerang Divaldo Alves saat memimpin latihan.

Ia berharap pemain Arema FC bisa tampil maksimal sehingga bisa menghadirkan kekalahan untuk Divaldo Silva yang bakal mencatat debutnya bersama Persita.

"Sama seperti yang bisa kami bicarakan pertandingan ke pertandingan. Kami akan bertarung dengan ide kami. Saya berharap ide kami bisa mengalahkan pelatih baru (Persita) dari Portugal," tutur Fernando Valente, pelatih berlisensi UEFA Pro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com