Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Maksimalkan Jeda Liga 1, Waktu Berharga Bojan Hodak

Kompas.com - 04/09/2023, 15:30 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung meliburkan tim usai laga kontra Persija, Sabtu (2/9/2023). Pelatih Persib, Bojan Hodak, berencana akan kembali memulai latihan pada Rabu (6/9/2023) mendatang. 

Usai mampu menahan imbang Persija Jakarta pada pekan ke-11 Liga 1 2023-2024, kini Bojan Hodak punya waktu cukup panjang, sekitar dua pekan untuk membenahi tim.

Pelatih asal Kroasia itu akan mencoba menanamkan ide bermain yang diinginkannya dalam sesi latihan selama jeda internasional.

Liga 1 2023-2024 memang akan rehat sejenak karena ada agenda laga-laga tim nasional dalam rentang dua pekan ke depan.

Persib tetap menggelar latihan selama jeda kompetisi dengan pemain yang ada.

Adapun Persib akan melepas enam pemain dalam FIFA Match Day September ini. 

Baca juga: David da Silva Putus Puasa Gol, Termotivasi Atmosfer Persija Vs Persib

Sebanyak empat pemain akan membela timnas Indonesia senior. Mereka adalah Marc Klok, Rachmat Irianto, Edo Febriansah, dan Ryan Kurnia. 

Daisuke Sato juga akan membela timnas Filipina, sementara Beckham Putra dipanggil timnas U23 Indonesia yang bersiap menuju Kualifikasi Piala Asia U23 2024. 

“Untuk jeda internasional, kami memang kehilangan lima sampai enam pemain. Tapi, bersama pemain yang lain, saya akhirnya memiliki waktu untuk sedikit bekerja membenahi tim,” kata Bojan Hodak.  

“Karena pada dasarnya saya tidak berhenti bertanding sejak pertama datang ke sini, kami tidak ada waktu jeda,” tuturnya menerangkan. 

Baca juga: Persija Vs Persib Jadi Fokus Rachmat Irianto Jelang FIFA Match Day

Bojan Hodak akan mencoba memperbaiki kinerja tim. Ia akan menerapkan beberapa ide, lalu memaparkannya secara jelas kepada pemain selama kurang lebih dua pekan latihan. 

“Jadi ini ada waktu dua pekan untuk berlatih bersama tim dan mengubah hal-hal yang saya tidak sukai. Dan saya rasa kami masih harus berbenah,” ujar Hodak. 

Bojan Hodak mampu membawa Persib Bandung bangkit dari keterpurukan. Sempat terdampar di zona merah pada awal musim, kini Persib tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir. 

Maung Bandung mulai merangkak naik ke posisi 11 klasemen dengan 15 poin, hasil dari tiga kali menang, enam kali imbang, dan dua kekalahan. 

Baca juga: Asa Winger Persib Melakoni Debut bagi Timnas Indonesia

Perbaikan performa itu diikuti kabar baik tentang David da Silva yang kembali bisa mencetak gol. Ia memutus rentetan enam laga tanpa gol usai menjebol gawang Persija pada pekan ke-11. 

Sementara itu, I Putu Gede Juni Antara, bek sayap kanan Persib, sudah selesai menjalani hukuman Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dan bisa mentas pada laga selanjutnya. 

Persib akan kembali bertanding pada Sabtu (16/9/2023) melawan Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada laga pekan ke-12 Liga 1 2023-2024. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com