Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Persija Vs Persib, DDS Kembali Tajam Saat Masuk dari Bangku Cadangan

Kompas.com - 02/09/2023, 21:00 WIB
Adil Nursalam,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - David da Silva tampil sebagai supersub yang ampuh dalam duel Persija Jakarta vs Persib Bandung pada pekan ke-11 Liga 1 2023-2024. 

Masuk pada menit ke-79 mengganti Victor Igbonefo dalam keadaan tertinggal 0-1, David da Silva (DDS) berhasil mencetak gol penyama kedudukan menyelamatkan muka Persib dari kekalahan di hadapan Jakmania. 

Laga Persija vs Persib di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Sabtu (2/9/2023) sore, berakhir dengan skor 1-1.

Sebelumnya, Persija unggul lebih dulu lewat gol Marko Simic pada menit ke-14. 

Pelatih Persib, Bojan Hodak, menerangkan bahwa keputusannya membangkucadangkan DDS karena dirinya tak cukup berlatih pascacedera. DDS absen dalam dua pertandingan.

Baca juga: Head to Head Persija Vs Persib, Berbanding Terbalik Kondisi Macan-Maung

“David bermain di 15 menit terakhir karena dia tidak cukup banyak berlatih. Jika tidak cukup berlatih dengan tim maka pemain tersebut tidak akan bermain (sebagai starter) karena ini bukan bermain playstation,” kata Bojan Hodak. 

“Secara fisik pemain butuh latihan untuk memulihkannya, jadi David baru siap untuk 10-15 menit. Kami memerlukannya karena Persib butuh orang tambahan di posisi striker dan saya percaya kepadanya,” papar Hodak.

Penyerang asal Brasil itu akhirnya kembali mencetak gol setelah absen membobol gawang lawan dalam delapan pertandingan terakhir.

Ketajamannya kembali ketika dipercaya Hodak meladeni 10 pemain Persija di lapangan. Bagi Hodak DDS berada di posisi dan waktu yang tepat untuk memulihkan kepercayaan dirinya.

Baca juga: Hasil Persija Vs Persib: David da Silva Perpanjang Puasa Tripoin Macan

“Dia selalu berbahaya, bukan karena dia seorang striker tapi jika juga selalu bisa menarik perhatian dari bek lawan. Kalian tahu, setiap striker harus memiliki naluri untuk mencetak gol, dan dia berada di posisi dan waktu yang tepat,” bebernya. 

“Jadi itu alasan saya memainkannya. Saya senang karena dia bisa mulai mencetak gol lagi dan itu penting.”

Pencetak 24 gol musim lalu itu tampak mengekspresikan gol lewat selebrasi yang sangat emosional. Ia membuka bajunya seperti menandakan sang predator telah kembali. 

Baca juga: Fan Persija Lindungi Suporter Persib yang Datang ke Stadion Patriot

Bojan Hodak salah satu orang yang percaya ketajaman DDS bisa kembali. Ia senang punya kembali pilihan di lini depan karena sang top skor telah kembali. 

“Saya juga sedikit menjelaskan kenapa dia tampak emosional saat merayakan gol, dia melewatkan banyak laga tanpa gol. Bagi striker, kondisi itu cukup membuat pemain berada dalam tekanan,” ungkap Hodak. 

“Tapi saya percaya, karena striker itu kadang sulit mencetak gol tapi ketika sudah kembali mencetak gol maka berikutnya sulit dihentikan. Saya berharap itu terjadi padanya di laga-laga berikutnya,” harap pelatih asal Kroasia itu. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com