Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF U23 2023: Timnas Indonesia ke Final karena Thailand Kena Mental

Kompas.com - 25/08/2023, 13:00 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelatih Thailand, Issara Sritaro, mengatakan bahwa Gajah Perang Muda terkena mental saat melawan timnas U23 Indonesia.

Thailand mesti menerima kenyataan tersingkir dari Piala AFF U23 2023 seusai dibekuk timnas U23 Indonesia dengan skor 1-3 di partai semifinal.

Laga timnas U23 Indonesia vs Thailand dalam jadwal Piala AFF U23 2023 berlangsung di Stadion Provinsi Rayong pada Kamis (24/8/2023).

Timnas U23 Indonesia memimpin 2-0 lebih dulu atas Thailand melalui aksi Jeam Kelly Sroyer (10’) dan Muhammad Ferarri (23’).

Thailand lalu menipiskan ketertinggalan via Chudit Wanpraphao (27’). Namun, timnas U23 Indonesia kembali menjauh setelah Natcha Promsomboon melakukan gol bunuh diri (45+1’).

Baca juga: Hasil Timnas U23 Indonesia Vs Thailand 3-1, Garuda Muda ke Final Lawan Vietnam

Oleh karena itu, timnas U23 Indonesia memastikan tempat di final seusai memenangi duel kontra Thailand dengan skor 3-1.

Selepas pertandingan, Issara Sritaro mengatakan bahwa Thailand sangat terpengaruh seusai Natcha Promsomboon melakukan gol bunuh diri.

Menurut Issara Sritaro, Thailand sangat tertekan dan tidak bisa bangkit dari keterpurukan sehingga kalah dari Indonesia.

“Kami kebobolan di awal dan gol bunuh diri sangat mempengaruhi kami,” kata Issara Sritaro, dikutip dari laman resmi AFF.

Baca juga: Link Live Streaming Timnas U23 Indonesia Vs Thailand, Kickoff 20.00 WIB

“Kami tidak bisa bangkit. Kami tidak bisa menyalahkan orang lain, selain diri kami sendiri. Para pemain tidak bisa mengatasi tekanan,” ujarnya.

Sementara itu, pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, menekankan Garuda Muda menang atas Thailand berkat kerja keras dari para pemain.

Shin Tae-yong pun memberikan apresiasi kepada para pemain timnas U23 Indonesia yang telah berjuang untuk mengalahkan Thailand.

“Kerja keras dan memberikan seluruh kekuatan maksimal menjadi kunci kemenangan di laga ini,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

“Kami apresiasi pemain timnas U23 Indonesia telah bermain bagus ketika melawan tim tuan rumah,” jelasnya.

Baca juga: Thierry Henry Latih Timnas U21 Perancis, Bisa Panggil Mbappe untuk Olimpiade 2024

Shin Tae-yong mengungkapkan kemenangan melawan Thailand bakal menambah kepercaayaan diri timnas U23 Indonesia saat menghadapi Vietnam di final Piala AFF U23 2023.

“Kita akui empat negara yang lolos di semifinal semuanya sangat kuat,” tutur pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu.

“Secara pribadi, saya pikir pertandingan final mendatang melawan Vietnam bakal sangat bagus. Kemenangan ini juga menambah kepercayaan diri pemain,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com