Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Kini Cedera Bek Bali United Elias Dolah, Dipantau Sesuai Standar FIFA

Kompas.com - 12/07/2023, 22:22 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Bali United menyampaikan kondisi terkini dari pemainnya, Elias Dolah, yang sebelumnya mengalami benturan di kepala saat melawan Borneo FC pada lanjutan laga Liga 1 Indonesia pada Sabtu (8/7/2023). 

Tim kesehatan Bali United masih melakukan observasi terhadap kesehatan Elias Dolah meski saat ini kondisinya semakin membaik.

"Dolah saat ini sudah jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Hanya saja, memang masih harus diobservasi bagian di kepala sesuai standar dari FIFA," kata dokter tim Bali United, Ganda Putra, dikutip dari Antara.

Karena itu, bek timnas Thailand dengan tinggi 195 sentimeter itu pun harus absen dari latihan di Pemusatan Latihan Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali, karena harus istirahat.

Baca juga: Elias Dolah Dilarikan ke Rumah Sakit, Pelatih Bali United Kritik Wasit

Ganda Putra berharap kondisi pemain belakang itu semakin bagus meski memang masih ada pemeriksaan lebih lanjut karena memang cedera yang dialami berada di bagian kepala.

Tim dokter, kata dia, menindaklanjuti pemeriksaan kesehatan sesuai standar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), yakni teknik analisis secara sistematis (Systematic Cause Analysis Technique/SCAT5).

SCAT 5, kata dia, dilakukan melalui beberapa pemeriksaan standar FIFA untuk mengevaluasi kasus cedera kepala.

"Kondisi sebenarnya masih 50:50 dan saya masih harus tindak lanjuti kondisi dia (Elias Dolah). Mudah-mudahan hasilnya bagus dan dia bisa bermain melawan Madura United," ujarnya.

Baca juga: Klasemen Liga 1: Dewa United di Puncak, Bali United Merana di Posisi Terbawah

Elias mengalami insiden pada akhir babak kedua melawan Borneo FC, yakni kepalanya kena tendang oleh Silverio Junio, saat momentum tendangan bebas.

Tidak lama setelah kejadian, Elias Dolah harus dibawa keluar lapangan menggunakan tandu dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah pertandingan berakhir yang dimenangkan Borneo FC dengan skor 3-1 atas Bali United, Elias mengeluh nyeri pada kepala dan pandangan kabur.

"Sempat ada pendarahan aktif dan sudah berhenti. Selesai pertandingan, Dolah mengeluh nyeri pada kepala dan pandangan kabur. Sudah dilakukan CT Scan dan tidak ada pendarahan pada otak dan tidak ada tulang yang patah," kata Ganda Putra.

Baca juga: Hasil Borneo FC Vs Bali United 3-1, Pesut Etam Benamkan Serdadu Tridatu ke Dasar Klasemen

Bali United akan melanjutkan perjuangan di laga pekan ketiga Liga 1 2023-2024 dengan menghadapi Madura United FC, Sabtu (15/7/2023), di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com