Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia di SEA Games 2023: Tiga Tahapan Garuda Menuju Juara

Kompas.com - 08/05/2023, 10:33 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas U22 Indonesia, Indra Sjafri, bicara mengenai peluang juara Garuda Nusantara setelah lolos ke semifinal SEA Games 2023 Kamboja. 

Timnas U22 Indonesia memastikan langkah ke semifinal SEA Games 2023 setelah mengalahkan Timor Leste pada laga ketiga Grup A, Minggu (7/5/2023). 

Indonesia menang 3-0 berkat gol Ramadhan Sananta dan Muhammad Fajar Fatur Rachman (2 gol) dalam pertandingan di Olympic National Stadium, Kamboja. 

Hasil itu tak hanya membuat Indonesia lolos ke semifinal, tetapi juga mengantarkan Garuda Nusantara kokoh di puncak klasemen Grup A dengan raihan sembilan poin. 

Baca juga: 11 Gol Tanpa Kebobolan, Indra Sjafri Ucapkan Terima Kasih kepada Timnas U22

Meski sudah menggenggam tiket semifinal, perjuangan timnas U22 Indonesia untuk mencapai target juara SEA Games 2023 belum selesai. 

Indra Sjafri mengatakan, gelar juara diraih secara bertahap. Setelah fase grup dilalui dengan bagus, timnas U22 Indonesia masih perlu mempertahankan performa apik di partai semifinal dan final. 

"Juara itu harus dicapai secara bertahap. Jadi, kami menyusun periodisasi persiapan. Ada tiga tahapan yaitu tahapan grup yang kami lalui dengan sukses," ucap Indra Sjafri. 

"Lalu, tahapan kedua semifinal dan final," kata Indra Sjafri melanjutkan, dikutip dari BolaSport.com. 

Baca juga: SEA Games 2023: 4 Fakta Kemenangan Timnas U22 Indonesia atas Timor Leste

"Ini yang secara bertahap dan periodisasinya harus pas. Kami yakin peak performance tim ini ada di semifinal dan final nanti," tutur Indra Sjafri. 

Timnas U22 Indonesia masih menyisakan satu pertandingan di babak penyisihan grup, sebelum mempersiapkan diri menatap semifinal. 

Ramadhan Sananta dkk bakal melawan tuan rumah Kamboja pada matchday terakhir Grup A SEA Games 2023 di Olympic National Stadium, Rabu (10/5/2023). 

Kamboja saat ini menempati peringkat ketiga klasemen Grup A dengan perolehan empat poin dari tiga pertandingan. 

Sementara itu, lawan Indonesia di semifinal belum diketahui mengingat persaingan di Grup B masih sengit antara Thailand, Vietnam, dan Malaysia. 

Thailand dan Vietnam berurutan menempati posisi 1-2 dengan raihan enam poin, disusul Malaysia di peringkat ketiga dengan tiga poin. (Mochamad Hary Prasetya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com