Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Ini, Messi Belum Layak Disandingkan dengan Pele dan Maradona

Kompas.com - 03/01/2019, 12:40 WIB
Alsadad Rudi,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KASHIMA, KOMPAS.com - Legenda sepak bola Brasil, Zico, melontarkan pendapat mengenai megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Bagi Zico, Messi memang salah satu pesepak bola terhebat di dunia. Namun, Zico menganggap Messi belum layak disandingkan dengan dua legenda hidup sepak bola dunia, Pele dan Diego Armando Maradona.

Menurut Zico, Messi belum pernah berprestasi di level internasional, berbeda dengan Pele dan Maradona yang pernah meraih gelar juara dunia.

"(Messi memiliki) hampir semuanya, tetapi dia tidak memiliki gelar Piala Dunia yang dimiliki Pele. Ini (sangat berarti)," kata Zico dikutip Goal dari Omnisport, Kamis
(3/1/2018).

Baca juga: Zico: Brasil 82 Lebih Hebat dari Spanyol

Mantan pemain timnas Brasil, Zico.Dok. Fourfourtwo Mantan pemain timnas Brasil, Zico.

Bagi Zico, Messi memang hampir mendekati level Maradona. Namun, Messi masih belum menyamai standar Maradona saat berada pada masa jayanya.

Sementara itu, untuk Pele, Zico menempatkan legenda dari negaranya itu di atas Maradona dan Messi.

"Messi dekat dengan Maradona, tetapi bukan berarti dia bisa dibandingkan dengan Pele. Saya masih menganggap Maradona di depan Messi. Dengan Pele, tidak. Pele memiliki
semua kualitas dan karakteristik yang harus dimiliki seorang pemain sepak bola," ujar Zico.

Menurut Zico, Pele berkembang dalam segala hal. Semua yang harus dimiliki pemain sepak bola ada pada diri Pele.

Baca juga: Bagi Valverde, Ini yang Membuat Messi Istimewa

Legenda sepak bola Brasil, Pele.The FA Legenda sepak bola Brasil, Pele.

"Ketika Tuhan menciptakannya (Pele), Dia menempatkan setiap kualitas yang dibutuhkan pesepak bola; kecepatan, kekuatan, hasrat, teknik, kemampuan menendang, menyundul,
menggiring, semuanya, semua yang mungkin dimiliki pemain," ucapnya.

Sementara itu, mengenai Maradona, Zico menyebut salah satu rival di eranya itu selalu menonjol di turnamen besar, bahkan saat Maradona tak punya rekan-rekan dengan kualitas yang sama dengannya di dalam tim, baik ketika di klub maupun timnas.

Hal itulah yang dianggap Pele membedakannya dengan Messi.

"Saya pikir dia tidak bermain di tim seperti Messi bermain untuk Barcelona hari ini. Dia tidak memiliki (Gerard) Pique, (Andres) Iniesta, (Luis) Suarez, Xavi, atau Neymar di sampingnya seperti (yang pernah) Messi punya," kata Zico.

Baca juga: Pele: Neymar Harus Berhenti Berakting Jika Ingin Jadi Legenda

Legenda sepak bola dunia, Diego Maradona, tampak menonton di tribune VIP Kazan Arena bersama sang kekasih, Rocio Oliva, pada laga Perancis vs Argentina, 30 Juni 2018. AFP/ROMAN KRUCHININ Legenda sepak bola dunia, Diego Maradona, tampak menonton di tribune VIP Kazan Arena bersama sang kekasih, Rocio Oliva, pada laga Perancis vs Argentina, 30 Juni 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com