Zico: Brasil '82 Lebih Hebat dari Spanyol

Kompas.com - 30/06/2013, 03:39 WIB
Zico ketika masih menjadi pemain andalan Brasil di era 1980-an. PLANETWORLDCUPZico ketika masih menjadi pemain andalan Brasil di era 1980-an.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

FORTALEZA, KOMPAS.com - Mantan pemain Brasil Zico menyatakan bahwa tim nasional Brasil tahun 1982 masih lebih baik dari timnas Spanyol era 2008-2013. Menurut pria dengan nama asli Artur Antunes Coimbra ini, Brasil '82 yang dulu ikut diperkuatnya tersebut memiliki kelebihan yang tak dimiliki La Furia Roja.

"Kami berusaha lebih cepat untuk mendapatkan gol dan lebih banyak melakukan tembakan ke gawang. Sementara Spanyol memiliki lebih banyak menguasai bola dan operan," kata Zico pada harian Spanyol Marca.

Karena kelebihan itulah Zico menganggap bahwa tim Brasil '82 memiliki lebih banyak pemain yang bisa mengonversi peluang menjadi gol.

"Bukan hanya pemain depan, tapi juga gelandang yang bisa mengancam pertahanan lawan seperti Socrates, Falcao dan saya sendiri," jelasnya.

Meski demikian Zico pun tak menutup adanya sebuah kesamaan dengan kedua tim tersebut.

"Para pemain hanya memikirkan soal memasuki lapangan dan bermain sepak bola, sama seperti yang diminta pelatih Tele Santana ke kami dulu," lanjut pemain berjuluk Pele Putih ini.

Ketika ditanya pendapatnya perihal final Piala Konfederasi yang mempertemukan Brasil dan Spanyol, Zico punya saran untuk skuad Samba.

"Brasil harus menjaga para pemain Spanyol dengan ketat, serta memberi tekanan agar mereka tak bisa mengembangkan permainan. Brasil sudah pernah melakukan hal tersebut sebelumnya dan berhasil. Scolari pun sudah menemukan formula yang tepat," pungkasnya.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X