Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Jakabaring, Palembang Tegaskan Siap Jadi Tuan Rumah yang Baik

Kompas.com - 24/07/2018, 17:25 WIB
Aji YK Putra,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kerusakan Stadion Gelora Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, yang diperuntukkan sebagai salah satu venue Asian Games 2018 menjadi sorotan pihak panitia terkait persiapan Indonesia sebagai tuan rumah.

Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Muddai Madang, mengatakan, pihak dari Olympic Council of Asia (OCA) pun langsung menegur keras Inasgoc sebagai panitia penyelenggara Asian Games di Palembang setelah mengetahui bahwa Stadion Jakabaring rusak akibat kerusuhan oknum suporter Sriwijaya FC.

"Di saat persiapan kita selama ini dinilai excellent dan menuai pujian dari hampir seluruh delegasi negara peserta, justru mendekati hari H ada kejadian ini. Sekarang kita harus berjuang ekstra keras memperbaiki yang rusak dan kembali memenangi kepercayaan negara peserta dan OCA bahwa kita siap menjadi tuan rumah yang baik," kata Muddai Madang, Selasa (24/7/2018).

Muddai mengatakan, kerusuhan para suporter dari Sriwijaya FC itu pun sangat disesalkan hingga membuat kerusakan di Stadion Gelora Jakabaring sehingga membuat persiapan yang dilakukan oleh Inasgoc dan Indonesia yang selama dibuat secara matang menjadi terganggu setelah kerusuhan itu.

Baca juga: Dampak Gelora Jakabaring Dirusak, Sriwijaya Hadapi Borneo di PTIK

"Dalam pertandingan olahraga itu, menang kalah biasa. Tidak perlu sampai merusak fasilitas di stadion. Apa kalau Real Madrid kalah atau Barcelona kalah suporternya merusak stadion? Saya minta pihak kepolisian mengusut tuntas kasus ini untuk mengetahui motif sebenarnya pelaku melakukan kekerasan seperti itu," katanya.

PT Jakabaring Sport City (JSC) selaku pengelola Gelora Jakabaring pun kini secara maraton memperbaiki 373 kursi yang rusak. Selain itu, mereka juga sudah menyiapkan sekitar 150 kursi cadangan untuk mengganti kursi yang rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com