5 Klub Asia yang Berunsur Kepolisian seperti Bhayangkara FC - Kompas.com

5 Klub Asia yang Berunsur Kepolisian seperti Bhayangkara FC

Kompas.com - 14/11/2017, 06:24 WIB
Para pemain Bhayangkara FC mengangkat trofi juara Liga 1 musim 2017 setelah mereka kalah dari Persija pada laga pekan pamungkas di Stadion Patriot, Kota Bekasi, Minggu (12/11/2017) malam. HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM Para pemain Bhayangkara FC mengangkat trofi juara Liga 1 musim 2017 setelah mereka kalah dari Persija pada laga pekan pamungkas di Stadion Patriot, Kota Bekasi, Minggu (12/11/2017) malam.

KOMPAS.com -  Bhayangkara FC bukanlah satu-satunya klub berunsur kepolisian yang punya prestasi bagus. Ada sejumlah klub Asia lain punya prestasi apik, seperti halnya Bhayangkara FC, dengan latar belakang kepolisian. 

Bhayangkara FC menjadi kampiun Liga 1 musim 2017. Tim berjulukan The Guardian itu menjadi juara setelah unggul head to head atas Balil United yang sama-sama mengumpulkan 68 poin/ 

Dari namanya saja, kita sudah paham bahwa Bhayangkara FC merupakan perwakilan klub dari kepolisian. Tentunya ini adalah kali pertama klub dengan latar belakang kepolisian berhasil menjuarai kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Namun, ternyata, di Asia sendiri telah ada beberapa klub di Asia berlatar kepolisian dengan prestasi yang tak kalah mengilap. Redaksi BolaSport.com telah memilih 5 di antaranya.

1. Home United (Singapura)

Home United saat ini berlaga di Singapore League. Klub yang lahir pada dekade 1940an ini awalnya dibentuk oleh Asosiasi Olahraga Polisi.

Saat Singapore League dibentuk pada 1996, klub ini dikenal dengan Police Football Club.

Namun, seiring berjalan waktu, namanya berubah menjadi Home United merujuk tak hanya mewakili kepolisisan.

Klub ini juga berhubungan dengan kementerian pertahanan dan kementerian dalam negeri Singapura. Di negara tersebut, kepolisian memang berada di bawah pengawasan kementerian dalam negeri. 

Memiliki julukan The Protectors - istilah lain untuk penjaga seperti halnya Bhayangkara FC, Home United adalah pemilik 2 titel Singapore League dan 6 trofi Piala Singapura.

2. BEC Tero Sasana FC (Thailand)

BEC Tero Sasana adalah klub profesional yang berlaga di Thai League, berbasis di Bangkok. Dalam sejarahnya, BEC Tero berdiri pada 1992 dengan nama awal Sasana Witthaya School.

Masa kejayaan klub ini adalah pada awal 2000-an. BEC Tero mampu dua kali menjadi jawara Thai League pada 2000 dan 2001.

Lalu pada musim 2002-2003, BEC Tero sukses menajdi runner-up Liga Champions Asia.

Pada 2017, klub ini diakuisisi oleh Royal Thai Police. Pada 2018 mendatang nama mereka akan berganti menjadi Police Tero Football Club.

(Baca juga: FIFA 'Pilih' Bali United Juara Liga 1, Netizen: PSSI Enggak Ikut FIFA)

3. PDRM FA (Malaysia)

Singkatan dari Persatuan Bolasepak Polis Di-Raja Malaysia, saat ini bermain di Liga Premier, kasta kedua sepak bola Malaysia.

Sesuai namanya klub ini memang dimiliki oleh Polis Di-Raja Malaysia, sebutan untuk badan kepolisian Malaysia.

PDRM pernah mencapai Malaysia Super League pada musim 2007-2008. Namun, hanya bertahan setahun, pada 2009, PDRM kembali terdegradasi.

4. Asan Mugunghwa FC (Korea Selatan)

Asan Mugunghwa dulu dikenal sebagai Police FC, adalah sebuah klub profesional di Korea Selatan.

Asan berlaga di K-League Challenge, yaitu kasta kedua sepak bola Korea Selatan.

Dalam sejarahnya, klub berdiri pada 1961 dengan nama National Police Department FC.

5. Al Shorta SC (Iraq)

Al Shorta merupakan tim speak bola yang berasal dari Distrik Rusafa, Baghdad, Irak.

Didirikan pada 1932, skuat Al Shorta saat itu adalah polisi-polisi Iraq yang mewakili sebuah turnamen sepak bola.

Pencapaian Al-Shorta termutakhir adalah saat memenangi titel Iraqi Premier League pada 2012-2013 dan 2013-2014.

Al Shorta juga masih memegang rekor sebagai tim paling lama tak terkalahkan yaitu selama 2 tahun yaitu saat musim 1980-81 hingga tahun 1982. (Bagas Reza) 

 

Inilah klasemen akhir Liga 1 musim 2017. Selamat untuk Bhayangkara FC yang resmi jadi juara Liga 1musim 2017! Tim jagoan kalian finish di posisi berapa? #klasemen #bhayangkarafc #baliunited #psm #liga1 #Persija #MaduraUnited

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on Nov 12, 2017 at 8:38pm PST

EditorJalu Wisnu Wirajati
SumberBolaSport
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM