Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massimo Cellino, Pemilik Klub yang Sudah Pecat 43 Pelatih

Kompas.com - 01/06/2016, 21:23 WIB
Ferril Dennys

Penulis

LEEDS, KOMPAS.com - Salah satu klub Divisi Championship - kasta kedua Liga Inggris, Leeds United, sedang mencari pelatih seusai memecat Steve Evans.  Dia menjadi pelatih ke-6 yang dipecat oleh sang pemilik, Massimo Cellino.

Evans harus bernasib sama dengan Brian McDermott, David Hockaday, Darko Milanic, Neil Redfearn, dan Uwe Rosler yang angkat koper dari Elland Road, markas Leeds.

Prestasi Leeds musim ini bisa jadi merupakan pertimbangan Cellino memecat Evans. The Whites hanya finis di peringkat ke-13. 

Akan tetapi, Evans mengaku sama sekali mendapatkan pemberitahuan pemecatan itu secara mendadak. 

"Jika memang Cellino sudah punya kandidat pelatih lain, pertama-tama saya harus tahu kenapa dia meragukan saya," ujar Evans seperti dilansir Express, Rabu (1/6/2016).

"Atau, kemungkinan kedua, dia melihat ada pelatih lain yang berpotensi untuk direkrut," tutur Evans lagi.

Cellino merupakan pemilik yang terkenal "rajin" bergonta-ganti memilih dan memecat pelatih. Lantaran kebiasaan tersebut, Cellino mendapatkan julukan The Manager Eater setelah melakukan 36 perubahan pelatih saat memimpin Cagliari.

Total, Cellino sudah melakukan 43 kali melakukan perubahan pelatih dalam kariernya sebagai pemilik klub. Jika dirata-ratakan, Cellino hanya memberikan kesempatan selama 6 bulan kepada pelatih untuk membuktikan kemampuannya.

Tercatat pelatih yang paling lama mengabadi untuk Cellino adalah Giampiero Ventura. Dia memimpin Cagliari selama 730 hari antara tahun 1997 dan 1999. Ventura kemudian melanjutkan kariernya ke Sampdoria.

Berbeda dengan Ventura, Darko Milanic menjadi pelatih tercepat yang dipecat Cellino. Diangkat pada 23 September 2014, Milanic dipecat 32 hari kemudian. Ia dipecat lantaran gagal mempersembahkan kemenangan dalam 6 laga.

Catatan Cellino ini kontras dengan Arsenal. Tim berjulukan The Gunners tersebut hanya memiliki tiga pelatih sepanjang sejarah klub pada era Premier League.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com