Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Siapkan Striker Berusia 35 Tahun

Kompas.com - 22/03/2016, 06:42 WIB


KOMPAS.com
- Tim nasional Spanyol mempersiapkan striker berusia 35 tahun jelang pertandingan persahabatan melawan Italia (24/3/2016) dan Rumania (27/3/2016).

Tidak ada nama striker Chelsea, Diego Costa, dari daftar pemain yang dipersiapkan. Sebagai gantinya, pelatih Vicente Del Bosque memanggil striker Athletic Bilbao, Aritz Aduriz.

Performa Aduriz dalam satu tahun terakhir memang tengah menanjak. Penyerang veteran ini telah mencetak 31 gol dari 47 pertandingan di semua kompetisi untuk Athletic Bilbao musim ini.

Meski selalu mencetak gol dua digit sejak memperkuat Athletic Bilbao pada 2012-2013, Aduriz baru sekali mendapatkan kesempatan tampil berkostum La Roja. Pada Oktober 2010, dia tampil selama 15 menit terakhir saat melawan Lithuania.

Performa apik Aduriz musim ini membuat Del Bosque tak bisa lagi mengelak untuk tidak memanggilnya. Dia pun mengakui bahwa ada dukungan besar dari suporter Spanyol untuk memanggil Aduriz.

"Dia telah mencetak banyak gol, seorang penyerang tengah tradisional yang disukai semua orang," ucap Del Bosque kepada ESPN.

"Sampai sekarang belum banyak pembicaraan tentangnya, tetapi dia memang telah bermain dengan baik selama bertahun-tahun. Dia berhak mendapatkan pemanggilan ini," ujarnya lagi.

Aduriz mengaku senang dengan pemanggilan keduanya ke timnas Spanyol. Namun, di sisi lain, dia juga merasa aneh karena dipanggil ketika sudah mendekati masa pensiun.

"Ini kasus yang aneh, bukan sesuatu yang biasanya terjadi, kembali ke tim nasional dengan usia saya sekarang. Untuk hal itu, saya merasa beruntung dan mensyukuri," kata Aduriz kepada Sport.

"Saya punya antusiasme untuk menambah sesuatu buat tim. Saya akan membantu sebisa mungkin," kata striker kelahiran 11 Februari 1981 ini.

Untuk mendapatkan kesempatan tampil pada dua laga persahabatan terdekat Spanyol, Aduriz akan bersaing dengan Pedro, Paco Alcacer, dan Alvaro Morata yang sama-sama berposisi sebagai striker. (Suryo Wahono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com