Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teka-teki Asisten Pelatih Zidane

Kompas.com - 25/01/2016, 20:49 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber AS
KOMPAS.com - Sosok asisten pelatih Real Madrid masih menjadi tanda tanya. Ini bisa menimbulkan masalah apabila Zinedine Zidane selaku pelatih kepala diusir wasit dalam sebuah pertandingan.

Kekosongan sosok asisten terlihat dalam laporan wasit saat Madrid ditahan ditahan Real Betis pada lanjutan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Minggu (24/1/2016). Menurut AS, Luis Llopis membubuhkan tanda tangan di kotak asisten pelatih.

Di situs resmi klub, jabatan asisten dipegang oleh David Bettoni. Namun, Bettoni belum mengantongi lisensi UEFA Pro sehingga tugas tanda tangan diambil alih oleh Llopis, yang sebenarnya merupakan pelatih penjaga gawang.

Apabila mengacu pada regulasi Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Bettoni memang tidak boleh didaftarkan sebagai asisten pelatih atau memberikan instruksi di pinggir lapangan.

Baca juga: Zidane Punya Asisten Siluman

Bettoni sempat disorot karena melakukan pelanggaran pada laga kontra Deportivo La Coruna, 9 Januari 2016, dan Sporting Gijon, 17 Januari 2016.

Terkait status Bettoni, Madrid sempat mengklarifikasi, "Seperti yang dikatakan pada sesi perkenalannya sebagai pelatih baru, Zidane tidak memiliki asisten pelatih."

Pernyataan tersebut menimbulkan pertanyaan, siapa yang mengambil komando Madrid saat Zidane diusir wasit ke tribun penonton?

"Saya tak akan diusir. Kami juga memiliki Chendo yang memiliki kualifikasi," kata Zidane sebelum pertandingan kontra Gijon.

Chendo yang dimaksud adalah Miguel Porlán Noguera. Dia berstatus sebagai matchday delegate.

Akan tetapi, Chendo tak boleh mengambil peran lain selama pertandingan. Oleh karena itu, predikat asisten pelatih diberikan kepada Llopis yang memiliki Lisensi UEFA Pro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com