Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Federasi Pemain Tuntut Pergantian Keempat dalam Sepak Bola

Kompas.com - 29/04/2015, 22:48 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - Federasi Pemain Sepak Bola Profesional Dunia (FIFPro) menuntut perubahan regulasi untuk pergantian pemain. Menurut anggota FIFPro, pergantian keempat sudah selayaknya diperkenalkan dalam pertandingan.

Melalui akun Twitter miliknya, FIFPro mengumumkan hasil survei terhadap 244 pebola profesional. Hasilnya, 84 persen responden setuju dengan pergantian keempat.

Dari seluruh responden yang setuju, 119 berpendapat, pergantian keempat bisa digunakan ketika pertandingan memasuki babak extra-time. Sedangkan sisanya menilai pergantian keempat sudah bisa dilakukan pada waktu normal.

"Ini akan menentang pandangan tradisional. Tetapi, pemain memiliki salah satu peran terpenting dalam perdebatan ini," bunyi pernyataan resmi FIFPro.

"Penelitian yang merepresentasikan pemain dari seluruh benua ini, jelas menunjukkan preferensi untuk pengembangan permainan dan fleksibilitas lebih, terutama saat pertandingan memasuki babak extra-time," lanjut pernyataan tersebut.

Hasil survei ini pun memberikan tekanan terhadap International Football Association Board (IFAB). Pasalnya, organisasi yang menentukan Laws of the Game ini, sudah dua kali menolak proposal usulan untuk pergantian pemain keempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com