Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IFAB Akan Memutuskan Aturan Penggantian Pemain

Kompas.com - 03/03/2012, 09:20 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau IFAB hari Sabtu (3/3) akan membuat keputusan tentang aturan penggantian sampai empat pemain jika pertandingan diselesaikan melalui tambahan waktu. Aturan itu dapat meminimalkan cedera sekaligus meningkatkan mutu pertandingan.

Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menyatakan, pihaknya mendukung aturan penggantian sampai empat pemain saat tambahan waktu. Tujuannya agar kualitas permainan tidak menurun dan demi kesehatan pemain.

Selain masalah itu, penggunaan teknologi untuk memutuskan apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum akan dibahas. Perdebatan mengenai penggunaan teknologi tersebut sudah ramai sejak 10 tahun terakhir, tetapi sampai sekarang belum ada keputusan.

Menurut FIFA, masalah penggunaan teknologi itu akan diputuskan dalam sidang IFAB pada 2 Juli 2012 atau sehari setelah final Piala Eropa berlangsung. Sebelumnya, IFAB akan memutuskan teknologi yang akan digunakan kemudian melakukan uji coba selama bulan Maret sampai Juni.

IFAB juga akan membicarakan tentang usulan aturan triple punishment. Pemain yang berusaha menggagalkan peluang gol bisa mendapat hukuman tendangan penalti, kartu merah, dan larangan bertanding. Gagasan triple punishment itu menimbulkan kontroversi karena sangat merugikan pemain.

Agenda lain pada sidang ke-126 IFAB di Bagshot, barat daya London, itu adalah membahas penggunaan cat semprot oleh wasit untuk memberi tanda di rumput saat dilakukan tendangan bebas, membahas pemakaian lima wasit untuk mencegah wasit membuat keputusan keliru, dan pemakaian jilbab oleh pemain wanita. (REUTERS/WAD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com