Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsenal Menang, tetapi Tersingkir

Kompas.com - 18/03/2015, 04:38 WIB
Ary Wibowo

Penulis

MONAKO, KOMPAS.com — Arsenal meraih kemenangan 2-0 atas AS Monaco pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions di Stade Louis II, Selasa atau Rabu (18/3/2015) dini hari WIB.

Meski menang, Arsenal tetap gagal lolos ke perempat final karena kalah produktivitas gol tandang. Pasalnya, pada leg pertama di Emirates Stadium, skuad The Gunners takluk 1-3 (agregat 3-3).

Arsenal mencoba menekan tuan rumah sejak menit-menit awal meski harus bermain di hadapan pendukung tim lawan. Peluang pertama skuad asuhan Arsene Wenger itu diciptakan Olivier Giroud pada menit ke-14.

Mendapatkan umpan Hector Bellerin, Giroud menggiring bola ke dalam kotak penalti Monaco. Namun, bola tendangan striker asal Perancis itu masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Monaco yang dikawal kiper Danijel Subasic.

Lima menit berselang, giliran Santi Cazorla yang mengancam. Namun, kali ini peluang itu berhasil dimentahkan oleh Subasic yang mampu melakukan penyelamatan gemilang saat menepis bola tendangan Cazorla.

Monaco terlihat hanya mengandalkan serangan balik untuk membongkar pertahanan Arsenal. Upaya Dimitar Berbatov dan kawan-kawan terkadang dapat mudah dipatahkan oleh barisan pertahanan tim tamu yang tampil cukup disiplin.

Pada menit ke-36, Giroud akhirnya membuat pendukung Arsenal bersorak setelah sukses mencatatkan namanya di papan skor. Gol tersebut diciptakannya seusai memanfaatkan bola rebound hasil tepisan Subasic.

Satu menit berselang, Arsenal kembali mendapatkan peluang emas. Beruntung bagi Monaco, bek Aymen Abdennour dengan sigap mampu mengeblok bola tendangan Danny Welbeck dari dalam kotak penalti.

Selepas turun minum, Arsenal terus berupaya mencetak gol. Beberapa kali serangan yang dibangun oleh Mesut Oezil dan kawan-kawan mampu merepotkan barisan pertahanan tim tuan rumah.

Pada menit ke-78, pendukung Arsenal kembali bersorak setelah Aaron Ramsey menambahkan keunggulan menjadi 2-0. Ia menciptakan gol tersebut setelah memaksimalkan bola hasil clearance Layvin Kurzawa yang tidak sempurna.

Tujuh menit sebelum laga usai, giliran Theo Walcott yang mendapatkan peluang emas. Namun, beruntung bagi Monaco, kiper Subasic mampu melakukan penyelamatan gemilang saat menepis bola sundulan Sanchez.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan UEFA, Arsenal menguasai bola sebanyak 62 persen dan menciptakan tujuh peluang emas dari 16 usaha. Adapun Monaco melepaskan tiga tembakan tanpa satu pun tepat mengarah ke gawang.

Klik tautan ini untuk menyimak momen-momen penting pertandingan antara AS Monaco dan Arsenal tersebut melalui menu LiveScore Kanal Bola Kompas.com versi mobile

Susunan pemain:
Monaco: 1-Danijel Subasic; 2-Fabinho, 3-Layvin Kurzawa, 5-Aymen Abdennour, 13-Wallace; 7-Nabil Dirar, 22-Geoffrey Kondogbia, 23-Anthony Martial (17-Yannick Ferreira-Carrasco 60), 28-Jeremy Toulalan; 8-Joao Moutinho, 9-Dimitar Berbatov (15-Bernado Silva 70)
Pelatih: Leonardo Jardim

Arsenal: 13-David Ospina; 4-Per Mertesacker, 6-Laurent Koscielny, 18-Nacho Monreal (3-Kieran Gibbs 83), 39-Hector Bellerin; 11-Mesut Oezil, 17-Alexis Sanchez, 19-Santi Cazorla, 23-Danny Welbeck, 34-Francis Coquelin (16-Aaron Ramsey 63); 12-Olivier Giroud
Pelatih: Arsene Wenger

Wasit: Svein Oddvar Moen (Norwegia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com