Kamis, 17 April 2014
Yuk, Bahas Laga Belanda Vs Portugal dengan Justin Lhaksana
Penulis: Ferril Dennys | Jumat, 15 Juni 2012 | 21:12 WIB
Dibaca:
|
Share:
FILIPPO MONTEFORTE / AFP
Penyerang Belanda Robin van Persie hanya dapat memandangi selebrasi Jerman di Stadion Metalist, Kharkiv.

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanda akan melakoni duel hidup dan mati melawan Portugal, Senin (18/6/2012) dinihari WIB. Namun, untuk masuk perempat final tim besutan Bert van Marwijk tersebut butuh lebih dari sekadar kemenangan.

Buntut dari dua kekalahan dari Denmark (0-1) dan Jerman (1-2), "Der Oranje" terkunci di dasar klasemen dengan poin nol. Sementara Portugal yang mengoleksi tiga poin berada di peringkat kedua. Dengan begitu, Belanda hanya bisa meraih tiket perempat final jika menang setidaknya 2-0 atas Portugal dan Denmark kalah dari Jerman pada laga lain. Sama halnya dengan Belanda, Portugal juga butuh lebih dari sekadar kemenangan untuk masuk perempat final.

Jika mengacu laga perdana dan kedua, Portugal boleh cukup puas dengan kualitas serangan. Namun, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan memiliki pekerjaan rumah membenahi pertahanan. Sementara dua kekalahan Belanda membuktikan kurang solidnya di semua lini sehingga perlu melakukan perubahan signifikan.  

Laga pamungkas di Grup B nanti memang sulit bagi Robin van Persie dan kawan-kawan. Belanda harus berjuang mati-mati keluar dari grup mereka. Laga melawan Portugal sulit bagi Belanda. Dalam tuntutan harus menang, mereka belum punya strategi matang seperti yang tampak pada dua pertandingan terakhir.  

Bagi Portugal, kekalahan belum tentu akan membuat mereka tersingkir dan kemanangan juga belum tentu membuat mereka lolos.

Nah, bagaimana peluang kedua tim pada pertandingan nanti? Pembaca bisa membahasnya dengan pengamat sepak bola Justinus "Justin" Lhaksana. Caranya, pembaca tinggal mengirimkan pertanyaan yang dilengkapi data diri --nama dan nomor kontak yang dapat dihubungi-- melalui email ke bola@kompas.com, sampai Sabtu (16/2/2012) pukul 23.59 WIB. Hasil tanya jawab akan ditayangkan di kanal bola Kompas.com pada Minggu (17/6/2012) petang.

Editor : Daniel Sasongko