Jumat, 19 September 2014

Bola / Liga Spanyol

Kostum Baru Barcelona Ramah Lingkungan

Jumat, 2 Juli 2010 | 07:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Produsen alat olahraga Nike hari ini memperkenalkan kostum tim FC Barcelona yang menampilkan pendekatan rancangan baru yang dimaksudkan untuk meningkatkan performa, tetapi pada saat yang bersamaan mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Kostum baru ini menonjolkan nilai-nilai tradisi FC Barcelona yang unik dengan grafis tradisionalnya, sambil menerapkan rancangan ringan dan menggunakan kain daur ulang.

Kostum baru ini mencerminkan inovasi desain dan detail terbaik yang dituntut oleh para pemain sepak bola kelas elite. Kombinasi dari sumber bahan yang bisa didaur ulang, rancangan estetik yang baru, dan penghormatan akan sejarah klub FC Barcelona yang kaya telah menetapkan standar untuk pembuatan kostum klub ini.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah klub ini, kaus barunya dibuat seluruhnya dari poliester daur ulang, di mana tiap kausnya dibuat dari 8 botol air, yang didapatkan dari tempat pembuangan akhir di Jepang dan Taiwan.

Botol-botol ini dibersihkan dan diproses menjadi butiran kecil, dilelehkan menjadi benang dan dianyam menjadi bahan kostum. Proses pembuatan baru ini mampu mengurangi energi sebesar 30 persen jika dibandingkan dengan pembuatan poliester secara tradisional.

Dengan proses pembuatan yang baru ini, Nike telah mendaur ulang sekitar 13 juta botol plastik, dengan total sekitar 254.000 kg limbah poliester, yang membutuhkan waktu sampai 500 tahun untuk bisa diurai secara alami. Tiap botol yang didaur ulang untuk pembuatan kostum ini jika dijejer panjangnya bisa mencapai 3.000 km atau sepanjang 29 sepak bola.

Kostum baru ini membantu para pemain untuk menjaga suhu tubuh yang optimal serta tetap kering dan sejuk. Dengan demikian, mereka bisa bermain dengan kemampuan penuh. Kain Nike Dri-FIT yang baru 13 persen lebih ringan dari sebelumnya, membantu menguapkan kelembaban, dengan cara menyerap keringat keluar ke permukaan, dan juga meningkatkan kemampuan kaus untuk bernapas sebanyak 7 persen dari versi sebelumnya.

Zona ventilasi yang terdapat pada tiap sisi kaus, di bawah karet celana dan dekat pangkal tulang punggung di celana pendeknya, secara signifikan bisa meningkatkan penyerapan udara sehingga para pemain juga merasa lebih sejuk.

"Kami terus menginovasi rancangan kostum kami bagi klub-klub elite dunia, dan pengenalan kostum baru FC Barcelona ini adalah saat yang membanggakan bagi Nike," kata Phil Dickinson, Direktur Kreatif Nike Global Football. "Tradisi klub yang begitu dalam telah melengkapi dengan sempurna rancangan dan proses pembuatannya yang inovatif."

Potongan kaus yang baru dan dinamis dengan struktur anyaman ganda memberikan penampilan yang lebih ramping pada para pemain. Pada saat yang bersamaan, kaus ini 10 persen lebih elastis dari kaus FC Barcelona sebelumnya. Siluet kaus mengikuti lekuk tubuh alami untuk keleluasaan gerak dan penyerapan udara yang maksimal.

Setelah mewakili Catalonia selama lebih dari 100 tahun, FC Barcelona pada musim pertandingan ini akan bermain dengan kostum kandang dan tandang yang baru, dipenuhi dengan lambang dan pesan budaya yang lebih banyak dari sebelumnya.

Untuk pertama kalinya, kaus kandang FC Barcelona akan memiliki leher bundar dan bis lengan berwarna kuning, ini melambangkan separuh warna dari bendera Catalonia, Senyera. Bendera Senyera telah lama berkibar di Barcelona untuk melambangkan kebanggaan dan kemerdekaan Catalonia. Kaus bagian torso masih menyandang garis merah dan biru yang terkenal, tapi kini ukurannya akan dikembalikan ke ukuran tradisionalnya yang lebih besar.

Di belakang leher juga ditampilkan Senyera besar, sementara dekat hem lengan kiri tertulis semboyan klub, 'Mes Que Un Club', (Lebih dari sekadar klub). Kata-kata ini juga bisa ditemukan di bangku di Nou Camp. 

Di bagian dalam kaus, di balik lambang klub, ada grafik yang bertuliskan 'Tots Units Fem Forca', yang jika diterjemahkan berarti 'Bersatu Kita Teguh', sebaris lirik dari lagu kebangsaan Barcelona, "El Cant Del Barca", yang selalu dikumandangkan di tiap pertandingan kandang di Nou Camp.

Celana pendek kandang musim pertandingan ini berwarna merah dengan garis biru besar di tiap sisinya, kembali ke warna kostum yang dikenakan oleh tim yang dikomandoi Johan Cruyff tahun 1970-an dan tim pemenang dari tahun 2006. Kaus kaki kandang berwarna biru dengan garis merah di atasnya dan FCB di sisi tiap betis.

Setia dengan tradisi FC Barcelona yang mengenakan kostum tandang berwarna mencolok, model musim pertandingan ini menggunakan warna hijau mint yang berani. Fiturnya sama dengan kostum kandang, tetapi dengan leher bundar modern dan di dadanya ada garis tebal dengan warna kandang merah dan biru. Garis tebal ini dipecah di tengah dengan garis diagonal yang melambangkan Avinguda Diagonal, salah satu jalan terkenal di Barcelona, yang membelah kota dari barat ke timur.

Celana pendek tandang berwarna hijau mint dengan garis tebal biru di tiap sisinya. Kaus kaki tandang berwarna hijau mint dengan garis biru obsidian di bagian atas dan 'FCB' di tiap betis.

Musim pertandingan ini, klub-klub terkemuka tambahan, termasuk Arsenal, Manchester United, dan Inter Milan, akan mengenakan kostum paling ramah lingkungan dan canggih secara teknologi dalam sejarah persepakbolaan. Kostum baru FC Barcelona akan mulai tersedia bulan Juni di toko-toko Nike di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang kostum klub Nike yang baru, kunjungi NikeMedia.com. (*)

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Tjatur Wiharyo