Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus "Drone" Politik, Serbia Menang 3-0, tetapi Poin Dikurangi Tiga

Kompas.com - 24/10/2014, 15:47 WIB
BELGRADE, Kompas.com - Serbia mendapatkan kemenangan 3-0 atas Albania pada kualifikasi Piala Eropa 2016 akhir pekan lalu, meski laga hanya berlangsung 45 menit yang berakhir imbang 0-0 akibat kerusuhan berbau politis. Meskipun demikian, Serbia, yang waktu itu bertindak sebagai tuan rumah, juga mendapatkan hukuman pengurangan tiga poin. Demikian pernyataan Asosiasi Sepak Bola Serbia, Jumat (24/10/2014).

Dua negara tersebut tergabung di Grup I. Kerusuhan itu berawal ketika suporter tamu mengoperasikan drone dari jarak jauh, mengarah ke lapangan. Pemain Serbia, Stefan Mitrovic, kemudian menangkap dan menurunkan bendera - yang disertai peta kosovo. Insiden berlanjut karena ada kekacauan, baik di lapangan maupun di tribun stadion.

Bahkan sejumlah suporter berhamburan ke lapangan dan menyerang pemain Albania, yang terpaksa lari keluar menuju lorong ruang ganti. Sejumlah pemain Serbia juga melakukan hal serupa, termasuk Branislav Ivanovic, Matija Nastasic, Aleksander Kolarov, Dusan Tadic dan Nemanja Matic. Laga pun tak bisa dilanjutkan.

Tak cuma pengurangan tiga poin, Serbia juga diperintahkan menggelar pertandingan kandang di dua laga berikutnya tanpa penonton. Menurut Asosiasi Sepak Bola Serbia, mereka bersama Albania pun didenda sebesar 100.000 euro (sekitar Rp 1,528 miliar). Sementara itu UEFA, yang menjatuhkan sanksi, belum mau memberikan komentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com