Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pilih Juventus atau Timnas Italia, Pirlo?"

Kompas.com - 24/10/2014, 08:02 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

TURIN, KOMPAS.com - Mantan gelandang Juventus, Alessio Tacchinardi, mengatakan, Andrea Pirlo seharusnya memilih salah satu antara bermain di klub atau di tim nasional Italia. Menurut Tacchinardi, Pirlo sudah tidak memiliki kondisi fisik yang bagus.

Saat ini, Pirlo berusia 35 tahun. Meski sudah menua, namun peran Pirlo sangat krusial baik di Juventus maupun timnas Italia. Pirlo pun belum memutuskan untuk gantung sepatu dari kancah internasional.

"Pirlo jelas seorang juara. Namun, dia harus memutuskan memilih klub atau timnas Italia. Saat ada jeda laga internasional, dia bisa tetap di Vinovo dan memulihkan kondisinya. Sementara itu, saya melihat sekarang Pirlo kembali ke klub dengan kondisi kelelahan," kata Tacchinardi kepada Tuttomercatoweb.

"Banyak pemain yang memutuskan pensiun dari tim nasional suatu negara untuk melanjutkan karier mereka bersama klubnya. Saya berpikir mengenai Alessandro Nesta dan Francesco Totti," lanjut Tacchinardi.

"Pemain tentu bukan robot. Tidak mudah memikul beban fisik saat Anda memutuskan untuk berkomitmen. Juventus sangat membutuhkan Pirlo secara fisik dan mental," lanjut Tacchinardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com