Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 Tahun Bertualang di Liga Indonesia, Kini Leonard Tupamahu Jadi Manajer PSS

Kompas.com - 27/06/2024, 08:30 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Leonard Tupamahu, pemain yang berposisi sebagai bek tengah, kini resmi naik pangkat menjadi manajer PSS Sleman untuk kompetisi Liga 1 2024-2025.

Perubahan struktural dalam tim ofisial telah dilakukan manajemen PSS Sleman.

Leonard Tupamahu mengungkap alasan mau menerima tawaran menjadi manajer PSS Sleman.

"PSS Sleman adalah salah satu tim besar dengan basis suporter yang luar biasa dan antusias tinggi dalam memberikan dukungan. Itu menjadi alasan utama saya menerima tawaran ini," kata pemain yang biasa disapa Leo itu.

Baca juga: Semakin Matang di Senja Karier, Leonard Tupamahu Masih Punya Misi

Leonard Tupamahu sudah malang melintang di persepakbolaan nasional sejak 2002 silam. Dia memulai debut profesionalnya bersama Persija Jakarta.

Gaya bermainnya yang lugas dan keras ditambah rambut kribo ikonik yang membuatnya mudah dikenali.

Jajaran klub elite pun pernah menggunakan jasanya, mulai dari Persipura Jayapura, Arema, Pelita Bandung Raya, Barito Putera, dan dua kali juara Liga 1 Indonesia bersama Bali United.

Dalam beberapa momen, pemain kelahiran 9 Juli 1983 tersebut juga dipercaya mengemban ban kapten yang menentukan kelayakannya sebagai seorang pemimpin.

Karier 22 tahun bertualang di sepak bola Indonesia menempanya menjadi sosok yang matang, menjadi penghubung yang baik antara pemain dan manajemen.

Baca juga: Sanksi FIFA Tuntas, PSS Sleman Persiapkan Liga 1 Musim Depan

"Ini tantangan baru tentunya buat saya bisa mengisi jabatan baru dan dengan peran yang berbeda juga. Namun, itu membuat saya lebih semangat untuk mengerjakan pekerjaan ini dan terus belajar ke depannya," katanya.

Leonard Tupamahu pun berjanji untuk menjalankan kepercayaan yang diberikan manajemen kepadanya dengan sebaik mungkin.

"Setelah mendapatkan tanggung jawab ini, harapannya saya bisa menjalani pekerjaan sebaik mungkin dan dengan ilmu yang saya dapat selama berkarier di dunia sepak bola bisa membantu manajemen PSS memperbaiki performa tim," ujar mantan pemain timnas Indonesia 2004-2026 itu.

Leonard Tupamahu manajer PSS Sleman di Liga 1 2024-2025.Dokumentasi PSS Sleman Leonard Tupamahu manajer PSS Sleman di Liga 1 2024-2025.
Di sisi lain, ia mengucapkan rasa terima kasih kepada Komisaris Utama PT PSS Rachmat Makkasau yang memberikan kepercayaan kepadanya. Ia menceritakan semua terjadi tiba-tiba dan tidak terduga.

"Jujur saya juga enggak menyangka kemarin selesai musim tiba-tiba Pak Rachmat menelepon dan saya juga sebetulnya belum kenal beliau secara langsung, tetapi saya anggap ini suatu berkat dari Tuhan, PSS memercayakan saya sebagai manajer," tutur Leonard Tupamahu.

Di sisi lain bersamaan dengan jabatan barunya tersebut, ia mengutarakan akan segera gantung sepatu untuk fokus dengan satu pekerjaan, yaitu manajer.

"Dalam waktu dekat sebelum liga mulai, saya akan mengumumkan bahwa saya pensiun, sebetulnya maunya, saya main agar ada perpisahan walau cuma lima menit, saya foto mungkin sama anak istri saya karena saya sudah 22 tahun berkarier, sayang kalau di akhir karier saya cuma hilang begitu saja," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com